DP3APMD Wakatobi Sebut Tak Masalah Pilkades Serentak Ditunda – Kendari Pos
Wakatobi

DP3APMD Wakatobi Sebut Tak Masalah Pilkades Serentak Ditunda

La Ode Husnan

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan awal perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang seharusnya dilaksanakan pada Mei ini, sepertinya tak bisa terealisasi sesuai agenda awal. Padahal anggaran lebih dari Rp 1 miliar untuk Pilkades pada 44 wilayah Kabupaten Wakatobi tahun 2020 ini sudah mulai direalisasikan. Sayangnya, agenda yang telah dirancang jauh-jauh hari ini harus ditunda hingga menunggu pandemi Covid-19 berakhir.

Kendati demikian, pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi menyebut, semua tak ada masalah. Bahkan belanja anggaran tahun 2020 yang sudah terlanjur dikeluarkan, bisa disimpan jika hari H Pilkades diundur hingga tahun 2021 mendatang. Kepala DP3APMD Wakatobi, La Ode Husnan, menyebut, pada Mei ini seharusnya tahapan awal mulai pendataan daftar pemilih tetap (DPT) oleh panitia, hingga tahap penjaringan sudah dilakukan.

Sayang, status penyebaran Covid-19 belum dinyatakan tertangani sehingga proses helatan demokrasi sulit dilakukan sesuai jadwal yang ada. “Rencana tahap awal mulai dilakukan bulan Mei. Tapi, kalau kondisi virus ini sudah tertangani. Namun jika belum maka otomatis akan bergeser pelaksanaannya. Tinggal persoalan pelaksanaan. Eksekusinya kan tidak ada masalah,” ungkap Husnan, kemarin. Ia menyebut maksimal untuk tahapan Pilkades hingga enam bulan lamanya. Namun, empat bulan pun masih bisa dilaksanakan asal tak ada kendala berarti di lapangan.

“Jika di akhir Mei ini sudah dinyatakan tidak masalah, maka tahapan sudah bisa mulai jalan. Mengingat segala teknisnya sudah dipersiapkan. Tapi kalau lihat kondisinya, sepertinya sulit dilakukan,” pesimis Husnan.

Ia mengatakan belanja tahun anggaran 2020 untuk persiapan Pilkades tak masalah meski sudah dicairkan. “Nanti disimpan saja agar dipakai pada tahun 2021 jika hari H diagendakan tahun depan, seperti pengadaan kotak suara. Kita juga tidak ada masalah jika agenda Pilkades serentak ini diundur hari H tahun depan. Karena teknisnya kita sudah siap,” bebernya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy