Ditolak di Baubau, Puluhan Perantau dari Obi di Karantina di Eks Kantor Bupati Buton – Kendari Pos
Buton

Ditolak di Baubau, Puluhan Perantau dari Obi di Karantina di Eks Kantor Bupati Buton

Proses penjemputan perantau Buton dari Obi Maluku Utara oleh Bupati Buton La Bakry didampingi Kapolres Buton AKBP Agung Ramos P. Sinaga

KENDARIPOS.CO.ID — KM.Mega Abadi harus berputar-putar demi menurunkan penumpangnya. Kapal yang mengangkut puluhan penumpang dari Pulau Obi itu sejatinya hanya perlu berlabuh di Pelabuhan Murhum Baubau siang tadi (1/5). Sayangnya, pemerintah setempat menolak kedatangan kapal tersebut karena alasan corona. Penumpang asal berbagai daerah di Kepulauan Butonpun dibuat panik. Sebab, tak ada pilihan lain selain turun di tempat tujuan awal.

Kapal yang ditolak itupun terpaksa putar haluan menuju Batauga. Di sana, hanya warga Buton Selatan yang diizinkan turun. Sementara penumpang asal kabupaten induk dan Kota Baubau dilarang. Kemudian kapal harus lanjut lagi ke Pelabuhan Banabungi, Pasarwajo.

Mendengar kabar jika ada warganya yang sudah sampai di perairan Buton, Pemerintah Kabupaten Buton pun bergegas melakukan persiapan penjemputan. Kapal yang sandar Jumat malam pukul 21.00 Wita disambut oleh tim Satgas Covid-19.

“Alhamdulilah begitu tiba langsung diberlakukan protokol kesehatan covid-19,” ungkap Bupati Buton yang memimpin langsung penyambutan warganya itu.

Bupati mengatakan, pihaknya mengizinkan KM Mega Abadi yang memuat sekitar 60 penumpang termaksud didalamnya warga Buton itu karena pertimbangan kemanusiaan.


“Penumpang kapal sudah berada 7 hari 7 malam di laut. Kapal sudah kehabisan logistik karena ditolak beberapa pelabuhan. Selain warga Buton, penumpang yang turun di Pelabuhan Banabungi tersebut juga ada warga Busel, Baubau, dan Wakatobi. Namun, pada prinsipnya mereka semua adalah orang Buton,” paparnya.

Pemkab Butonpun telah menyiapkan tempat di eks Kantor Bupati. Mereka akan dikarantina sampai batas yang telah ditetapkan protokol kesehatan.
“Kita doakan semoga saudara-saudara kita baik-baik saja dan tidak terinveksi covid-19 sehingga bisa bertemu kembali dengan keluarganya masing-masing,” tutupnya. (lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy