Disperindag Sultra : PT. VDNI Berkontribusi di Sektor Industri – Kendari Pos
Nasional

Disperindag Sultra : PT. VDNI Berkontribusi di Sektor Industri

Kompleks pertambangan PT. VDNi di Kecamatan Morosis, Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana kedatangan 500 tenaga kerja asing (TKA) asal Cina menjadi pro kontra di level lokal Sultra hingga tataran nasional. Terlepas dari pro kontra itu, ada nilai plus yang dapat diperoleh daerah ini terkait kedatangan 500 TKA yang akan bekerja sementara di PT.Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS).

External Affairs Manager PT.VDNI dan PT.OSS, Indrayanto pernah mengatakan 500 TKA itu adalah tenaga teknis dan bekerja temporer secara bergantian untuk memasang alat pada 33 tungku smelter. Jika tungku smelter itu beroperasi maka 3.000 sampai 4.000 temaga kerja lokal yang direkrut akan terserap di PT.VDNI dan PT.OSS.

Kontribusi dua perusahaan itu diapresiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sulawesi Tenggara. Bukan hanya berhasil menumbuhkan optimisme para karyawan dari sektor industri namun juga telah berkontribusi dalam penanganan pandemi virus korona (Covid-19) sekaligus berkontribusi dalam menumbuhkan gairah sektor industri.

“PT.VDNI dan PT.OSS sangat berkontribusi di Sultra. Bantuan APD dan bantuan pangan yang diberikan perusahaan sangat bermanfaat kepada masyarakat Sultra yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19. Tenaga kerja yang di rumahkan pun tetap mendapat hak gaji oleh perusahaan tersebut.,” ujar Hj.Siti Saleha, Kepala Dinas Perindag Sultra, Rabu (13/5) kemarin.

Siti Saleha menuturkan, secara signifikan pereknomian saat ini sangat melemah. Indikatornya dapat dilihat dari daya jual beli hingga perputaran uang yang semakin rendah. Banyak UMKM yang tutup dan merumahkan karyawan. Kondisi ini sangat memengaruhi psikologis ekonomi daerah. Namun disaat pandemi Covid-19 ini, PT.VDNI punya niat merekrut dan mendorong tenaga kerja lokal di Sultra. “Sehingga meski dalam situasi ekonomi yang sulit, tapi kita tetap terbantu. Kontribusi PT.VDNI cukup baik. Selama ini sangat membantu perekonomian dalam segi produksi feronikel,”kata Saleha.

Dalam sisi ekonomi di Sultra, selama ini juga PT VDNI cukup berkontribusi. Selama beroperasi juga, PT VDNI tetap memproduksi nikel dengan baik. Sehingga sangat mendongkrak perekonomian daerah melalui produksi biji Nikel. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy