Disperindag Konut Tera Ulang Alat Ukur – Kendari Pos
Konawe Utara

Disperindag Konut Tera Ulang Alat Ukur


KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Konawe Utara (Konut) mengagendakan untuk melakukan peneraan alat ukur di pasar. Selain itu, juga akan ditera ulang alat takaran pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Kepala Disperindag Konut, Arifin Tomawa, menuturkan, ada satu penambahan bidang kerja pada organisasi perangkat daerah yang dipimpinnya, yakni urusan metrologi.

Arifin Tomawa

“Jadi, bidang ini yang nantinya bertugas melakukan peneraan takaran di pasaran. Termasuk mengukur tera di SPBU,” ujar mantan Asisten II Pemkab Konut itu, kemarin.

Selama ini, kata Arifin Tomawa, pengukuran atau tera kadangkala menjadi kendala di lapangan. Pasalnya, tak ada petugas Disperindag yang mengerti secara teknis dalam ilmu alat ukur niaga tersebut. Namun dengan adanya satu bidang yang menangani metrologi, dapat memaksimalkan kerja-kerja tera di lapangan.

Apalagi, telah ada ASN yang telah disekolahkan khusus untuk bagian peneraan. “Makanya, saya sudah instruksikan kepala bidangnya untuk melakukan pendataan setiap desa untuk melakukan teraan alat ukur. Seperti timbangan, supaya dapat diketahui setiap desa ada alat ukur. Apalagi masalah di SPBU, karena selama ini, kadangkala ada suara keluhan dari konsumen,” ungkap Arifin Tomawa.

Selama ini, untuk melakukan peneraan, Disperindag Konut kerap meminta bantuan dari Pemerintah Kabupaten Konawe maupun Kota Kendari. Itupun juga harus menunggu kesiapan petugas penera. “Untuk tahun ini, kita sudah memiliki anggota yang disiplin ilmunya dibagian metrologi. Ini akan membantu saat peneraan. Dalam waktu dekat kita akan melakukan pencocokan, termasuk di SPUB,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy