Disetujui Pemerintah Pusat, Pemkab Wakatobi Realokasi Anggaran Rp 75 Miliar – Kendari Pos
Wakatobi

Disetujui Pemerintah Pusat, Pemkab Wakatobi Realokasi Anggaran Rp 75 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Sempat ditolak Pemerintah Pusat karena dinilai belum tuntas, realokasi dan refocusing anggaran penanganan Covid-19 di Wakatobi akhirnya tuntas juga. Jika sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi mengusulkan realokasi sebesar Rp 16 miliar, maka penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020 disempurnakan lagi. Setelah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 35 tentang penyesuaian APBD diterbitkan, Pemkab Wakatobi kembali mengusulkan realokasi dan refocusing anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 75 miliar.

Pemerintah pusat akhirnya menyetujui nominal anggaran tersebut. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Juhaidin, menuturkan, usulan awal anggaran Rp 16 miliar yang dievaluasi Pemerintah Pusat dianggap belum sesuai dengan keputusan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu), sehingga ditolak.

“Maka kita sempurnakan lagi didalam penyesuaian lebih kurang Rp 75 miliar khusus penanganan Covid-19. Alhamdulillah saat ini sudah disetujui,” ungkapnya, kemarin.

Juhaidin mengakui, sebelum disetujui, ada sanksi dari pusat berupa pemotongan dana alokasi umum (DAU) sebesar 35 persen. Pemkab Wakatobi terkena imbasnya. “Yang belum disetujui sebelumnya itu untuk Sultra sekitar 11 kabupaten termasuk Wakatobi. Dan sekarang kita sudah disetujui. Karena yang sebelumnya DAU kita sempat terpotong 35 persen, maka saat ini sudah dikembalikan atau normal,” tambahnya.

Juhaidin mengatakan anggaran tersebut diperuntukkan pada bidang kesehatan, penanganan ekonomi hingga upah lelah tenaga medis dan lainnya serta biaya operasional di Pokso-posko penanganan Covid-19. “Perlu diingat, bahwa Rp 75 miliar ini perkiraan. Kita berharap Covid-19 ini segera tertangani supaya kita kembali ke situasi normal,” tandasnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy