Dinkes Sultra Sukses Lakukan Uji Swab Mandiri, Selanjutnya Tes PCR – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dinkes Sultra Sukses Lakukan Uji Swab Mandiri, Selanjutnya Tes PCR

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra patut diapresiasi. Perjuangan supaya Sultra bisa melakukan uji swab mandiri terealisasi. Semua itu tak lepas dari peran Plt Kadis Kesehatan Sultra, dr. Andi Hasnah. Kemarin (14/5), uji perdana Tes Cepat Molekuler (TCM) atau uji swab mandiri sukses dilaksanakan. Ada beberapa pasien yang menjadi sampel.

Pengujian TCM dipusatkan di Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Sultra. Plt. Kadinkes Sultra, dr. Andi Hasnah mengatakan, dengan adanya uji swab mandiri sehingga hasil atau status pasien bisa diketahui lebih cepat.

“Selama ini lama diketahui hasil swab karena samepl harus dikirim ke laboratorium Makassar dulu. Alhamdulilah, sekarang kita sudah lakukan tes swab mandiri, sehingga bisa langsung diketahui hasilnya,” ungkap Andi Hasnah, kemarin. Dalam uji coba perdana tes swab mandiri, tak seorangpun diizinkan masuk, selain petugas medis.

Menurut wanita berhijab ini, ruangan harus steril saat uji sampel tersebut dilakukan. “Selain petugas tidak boleh ada yang masuk,” ujarnya. Langkah awal, ada beberapa pasien yang menjadi sampel uji pemeriksaan. Pemeriksaan awal ini fokus pada semua pasien yang ada di RSU Bahteramas. “Pemeriksaan masih akan berlanjut,” jelasnya.

Lebih jauh dokter ahli anastesi itu menjelaskan, untuk pemeriksaan awal, baru pasien yang ada di RSU Bahteramas. Ke depan akan dilakukan pemeriksaan di luar RSU Bahteramas, tetapi hanya mereka yang memiliki kontak erat dengan pasien positif corona. Kemudian, prioritas pasien PDP dan ODP. “Saat ini masih fokus di RSU Bahteramas, tapi nanti akan diperiksa semua yang dinyatakan berpotensi tertular,” ujarnya. (adv/rah)

Tes PCR Dilakukan Pekan Depan

Selain Tes Cepat Molekuler (TCM), Pemerintah Provinsi Sultra melalui Dinas Kesehatan bakal menerapkan polymerase chain reaction (PCR). Pemeriksaan laboratorium ini dilakukan untuk mendeteksi keberadaan material genetik virus Corona. Direktur RSU Bahteramas, Hasmudin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan laboratorium khusus sebagai tempat pemeriksaan spesimen swab berikut dengan tenaga ahli yang sudah berkompeten dalam melakukan pemeriksaan terhadap spesimen swab Covid-19.

Khusus PCR, lanjut dia, alatnya sudah ada di Laboratorium. Namun, masih menunggu reagen PCR-nya sebanyak 5000. Kemungkinan pekan depan sudah ada dan dapat digunakan. “Kalau tidak ada kendala, pekan depan sudah bisa dilakukan (tes PCR),” ungkap Hasmudin, kemarin.
Untuk TCM, kata dia, tahap awal sudah dimulai. Setelah ini akan rutin setiap hari dilakukan uji swab. “Istilahnya setiap pasien akan dilakukan pemeriksaan sesuai indikasi. Dimana laporan pemeriksaan awal memang hasilnya masih negatif. Tetapi harapan kita memang tidak ada lagi pasien positif,” jelasnya.

“Hari ini (kemarin) sudah diuji beberapa pasien melalui pemeriksaan TCM. Alhamdulillah, semua hasilnya negatif. Rencananya akan ada lagi bantuan Reagen PCR dari Kemenkes sekitar lima ribu pieces yang nantinya akan kita distribusikan ke rumah sakit rujukan yang ada di Sultra. Kemungkinan kalau PCR baru akan dilakukan pekan depan,” imbuhnya. Untuk diketahui, total cartridge TCM saat ini sekira 60 KIT dan akan rutin dikirim oleh Menkes setiap minggu. (adv/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy