Di Tengah Pandemi Covid-19, PDIP Tetap Gelar Haul Bung Karno – Kendari Pos
Nasional

Di Tengah Pandemi Covid-19, PDIP Tetap Gelar Haul Bung Karno

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat memastikan, peringatan kelahiran Bung Karno di Blitar, Jawa Timur tetap dilaksanakan pada 6 Juni mendatang.

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat memastikan peringatan kelahiran Bung Karno di Blitar, Jawa Timur tetap dilaksanakan pada 6 Juni mendatang. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengklaim tetap mengedepankan protokol Covid-19 di dalam penyelenggaraan acaranya. “Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman di Blitar. Penyelenggaraan pada 1 Juni Hari Pancasila dan 6 Juni Hari Lahir Bung Karno tetap diperingati, tetapi dengan protokol Covid-19, jadi tidak banyak orang,” kata Djarot dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/5).

Mantan wali kota Blitar dua periode ini mengatakan, di daerah tersebut pada biasanya memiliki tiga agenda peringatan di setiap Juni. Pertama memperingati Hari Pancasila pada 1 Juni, Hari Lahir Bung Karno pada 6 Juni dan Haul Bung Karno pada 20 Juni.

Djarot mengisahkan, pada saat keadaaan normal sebelum Korona, masyarakat Blitar menggelar upacara dan karnaval. Karena di Blitar dikenal dengan istilah gerebek Pancasila. Pada acara itu seluruh peserta upacara dengan pendekatan budaya membawa simbol-simbol tentang Pancasila, tentang Indonesia, dan membawa gunungnan lima, yang nanti akan dibawa ke makam Bung Karno. “Nah di situlah digelar karnaval dan sangat ramai, itu zaman normal,” kata dia.

Pada 6 Juni, masyarakat Blitar biasanya menggelar tumpengan, makan bersama sekaligus berdoa untuk Bung Karno dan negara. Lalu pada 20 Juni, masyarakat Blitar menggelar Haul Bung Karno sekaligus berdoa bersama.

Djarot menyatakan, kegiatan yang melibatkan kerumunan orang banyak tidak akan dilakukan di tengah pandemi ini. Namun, Djarot mengingatkan acara tetap dilaksanakan dengan protokol Covid-19.
“Jadi tiga acara itu tetap berlangsung di Blitar dengan kemasan yang baru baik secara fisik maupun virtual,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menekankan, pihaknya sangat mendukung pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19. Dia juga mengingatkan bahwa Bung Karno juga mengajarkan tentang pentingnya bergotong royong dan hidup sehat. “Dalam Buku Mustika Rasa, Bung Karno telah mewariskan kepada masyarakat Indonesia bagaimana caranya menjaga imunitas tubuh dengan kekayaan alam sendiri,” tuturnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy