Debitur Terdampak Covid-19 di Sultra Mencapai Hampir 42.000 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Debitur Terdampak Covid-19 di Sultra Mencapai Hampir 42.000

Mohammad Fredly Nasution

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah debitur industri jasa keuangan baik dari perbankan maupun perusahaan pembiayaan di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terdampak penyebaran Covid-19 masih terus bertambah. Hingga 15 Mei 2020, jumlah debitur terdampak telah mencapai 41.996

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Mohammad Fredly Nasution mengungkapkan bahwa outstanding kredit dari seluruh debitur terdampak tersebut mencapai Rp 2,59 triliun.

“Dari jumlah tersebut, yang telah dilakukan atau disetujui restrukturisasi kreditnya yakni sebanyak 15.389 debitur dengan outstanding sebesar Rp 935,71 milyar,” ungkap Fredly, kemarin.

Ia menambahkan, hingga 15 Mei 2020, jumlah pengaduan konsumen sektor jasa keuangan terkait dampak Covid-19 di Sulawesi Tenggara baik yang datang langsung maupun via telepon (walk in customer) sebanyak 280 pengaduan dengan rincian 72 pengaduan terkait perbankan dan 208 pengaduan perusahaan pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Khusus (LJKK). Fintech Lending atau pinjaman online sebanyak 3 konsumen yang berkonsultasi secara lisan.

“Data pengaduan konsumen yang terdampak
Covid-19 melalui surat sebanyak 49 pengaduan yng terdiri atas 16 pengaduan terkait perbankan dan 33 pengaduan terkait perusahaan pembiayaan,” imbuhnya.

Terkait kegiatan edukasi, OJK Sultra telah melakukan edukasi dengan non tatap muka (digital class) dengan melibatkan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) melalui Kelas Duta Inkluasi dan Literasi Keuangan (Dilan Class) sebanyak 8 kali.

Pada tanggal 18 Mei 2020, OJK Sultra akan mengadakan sosialisasi atau kuliah umum perdana berupa Digital Massive Class
(DMC) dengan target peserta sebanyak 500 orang terpilih dengan tema ”Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran COVID-19 pada Sektor Jasa Keuangan”. Peserta terpilih akan mendapatkan suvenir berupa subsidi kuota dari Telkomsel sebanyak 31 GB. Perserta DMC ini terdiri dari mahasiswa dan dosen (akademisi) dari berbagai kampus swasta di Sultra. Per 17 Mei 2020, jumlah peserta yang telah mendaftar untuk DMC mencapai 960 orang.

“Bagi peserta yang belum terpilih atau masyarakat umum, dapat mengikuti DMC ini melalui live steaming youtube pada channel Komunitas Learning Center. DMC kali ini menghadirkan narasumber utama langsung dari OJK Pusat yaitu Anto Prabowo selaku Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy