Data Warga tak Mampu, Abu Hasan Siapkan Sembako dari APBD – Kendari Pos
Buton Utara

Data Warga tak Mampu, Abu Hasan Siapkan Sembako dari APBD

KENDARIPOS.CO.ID — Penyebaran virus Covid-19 sangat berdampak pada banyak sendi kehidupan. Ribuan orang kehilangan pekerjaan dan laju pertumbuhan ekonomi lesu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) telah melakukan pendataan pada masyarakat kurang mampu akibat terdampak virus mematikan tersebut untuk diberikan bantuan paket Sembako bersumber dari pengadaan Ketahanan Pangan.

Bupati Butur, Abu Hasan, mengungkapkan, masyarakat yang tak mendapatkan bantuan langsung tunai, program keluarga harapan dan bantuan sosial tunai akan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah. Alokasi biayanya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Tanggal 18 Mei 2020 akan difinalkan jumlah paket Sembako yang akan disalurkan pada masyarakat tidak mampu. Begitu pula rinciannya penerimanya. Semua berbasis data faktual sehingga tepat sasaran disalurkan pada masyarakat memang benar-benar membutuhkan,” ujar Abu Hasan, kemarin.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 itu mengungkapkan, bantuan sosial dari APBD masih menunggu data masuk disetiap wilayah yang ada di Buton Utara.

“Rancangan dan skenario penyaluran bantuan sosial paket sembako mencakup seluruh wilayah. Data penerima wajib diberikan bantuan saat pandemi Covid-19, baik dari pihak Dinas Sosial, Camat, Lurah dan Desa,” ujar Butur-1 tersebut. Pemkab benar-benar bekerja dalam pendataan agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran, jadi kedepannya tidak ada warga yang komplain atau protes bahwa tidak ada yang mendapatkan bantuan saat Covid-19 ini.

Abu Hasan juga mengimbau, agar dalam beraktivitas, masyarakat tetap mematuhi protap kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus. Penerapan jaga jarak fisik saat berinteraksi keluar rumah belum sepenuhinya ditaati. Begitu pula menggunakan masker saat keluar rumah masih banyak belum dilakukan. “Kalau tidak taat instruksi pemerintah, virus ini akan terus menyebar. Kemampuan bantuan pemerintah hanya selama tiga bulan. Ayo bersama lawan Covid-19 agar aktivitas masyarakat kembali seperti semula,” tandasnya. (adv/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy