Dana Bansos 841 KK Ditransfer, Warga Miskin yang Belum Terima Dikirim Via Pos – Kendari Pos
Wakatobi

Dana Bansos 841 KK Ditransfer, Warga Miskin yang Belum Terima Dikirim Via Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah mengusulkan data bagi kepala keluarga (KK) KK miskin sebanyak 8.176 ke Kementerian Sosial (Kemensos). Data ini akan diperlukan untuk penyaluran bantuan sosial secara langsung. Kini, sudah ada sebanyak 841 warga kurang mampu di Wakatobi yang telah menerima transferan dana via rekening masing-masing oleh Kemensos.

Data yang dikirim Pemkab Wakatobi ke pusat itu sejak 23 April lalu. Kendati baru sedikit yang terealisasi, ribuan masyarakat yang kurang mampu dan datanya telah dikirim ke pusat dipastikan akan mendapatkan Bansos. Bedanya, jika dana bagi 841 KK ditransfer secara langsung, maka sebanyak 7.335 KK lainnya akan dikirim lewat pos. Bupati Wakatobi, H. Arhawi, menuturkan, untuk penanganan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19, baik pemerintah pusat hingga daerah tengah berjuang memikirkan dampaknya.

“Nah, ribuan KK lainnya yang belum menerima bantuan itu karena masih ada data belum lengkap. Kebanyakan belum memiliki nomor rekening, sehingga akan disalurkan melalui pos. Itu dipastikan akan diterima langsung oleh penerima, karena sudah ada nama dan alamat,” jelas Arhawi. Selain 8.176 KK, Wakatobi-1 ini menyebut ada PKH dan Bansos pangan yang rutin disalurkan setiap bulan dan diterima masyarakat. Jika dihitung penerima Bansos sebanyak 8.176 KK ditambah 6803 KK penerima PKH, maka total bantuan untuk masyarakat Wakatobi sebanyak 14.979 KK.

“Dan bagi masyarkat yang terdampak Covid-19 secara ekonomi, datanya saat ini masih disinkronkan. Di luar dari 14.979 KK ini akan dicek di desa masing-masing dan didata sehingga tidak menjadi tumpang tindih. Ini akan dirapatkan satu dua hari oleh Dinsos dan seluruh camat dan kepala desa sehingga ada sinkronisasi data antara penerima bantuan tunai langsung dan PKH dengan masyarakat yang terdampak,” tambahnya.
Sementara lanjut Arhawi, tanggung jawab Pemkab Wakatobi yang telah merealokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi ini tentu akan melihat sisa dari apa yang telah diintervensi oleh Kemensos hingga dana desa (DD) yang telah direalokasi. Ia menyebut Pemkab Wakatobi siap hingga tiga sampai empat bulan kedepan. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy