DAK Pertanian dan Peternakan Wakatobi Rp 1,2 Miliar – Kendari Pos
Wakatobi

DAK Pertanian dan Peternakan Wakatobi Rp 1,2 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tak merealisasikan program kerja karena dana alokasi khusus (DAK) dikurangi, atau bahkan tidak ada. Namun kondisi itu tak dialami pihak Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi. Setidaknya, instansi teknis itu berhasil mengamankan DAK tahun 2020 sebesar Rp 1,2 miliar.

Kepala Dinas Pertanian Wakatobi, Tamrin, menuturkan, anggaran tersebut dialokasikan untuk kebutuhan petani hingga peternak yang telah mengusulkan bantuan sejak tahun 2019 lalu. Saat ini pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap usulan tersebut. “Kalau memenuhi syarat maka akan diberikan bantuan. DAK tersebut untuk pembuatan bak air, pengadaan pupuk, pakan ternak, vaksin hingga demplot untuk sayuran hidroponik,” ujar Tamrin.

Tahun ini semestinya, ada banyak DAK yang akan tersalurkan untuk sektor pertanian di Wakatobi. Sayang, mewabahnya Covid-19, membuat kebijakan berubah. Salah satunya pengalihan DAK. “Tapi alhamdulillah setidaknya ada yang lolos sehingga sekarang kita sudah mulai merealisasikan,” tambahnya.

Tamrin melanjutkan, pencairan anggaran tengah diproses bahkan penyaluran demplot untuk sayuran pun sudah mulai dilakukan. “Nanti tahun depan lagi baru kita usulkan. Karena banyak petani, peternak dan di sektor perkebunan yang membutuhkan. Jadi kita masih akan mengevaluasi dulu usulan masyarakat tahun lalu, baru direalisasikan seusai dengan anggaran yang ada. Kalau tidak terealisasi tahun ini jangan berkecil hati nanti kita usulkan tahun depan lagi,” janji Tamrin. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy