Cegah Covid-19 Masuk Lipu Tinadeakono Sara, Perbatasan Butur dijaga Ketat – Kendari Pos
Buton Utara

Cegah Covid-19 Masuk Lipu Tinadeakono Sara, Perbatasan Butur dijaga Ketat

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 telah menyerang warga di wilayah kepulauan di Sultra. Meski Kabupaten Buton Utara (Butur) masih zona hijau, namun pemerintah setempat siaga untuk mengcegah virus tersebut masuk di Lipu Tinadekono Sara. Wilayah perbatasan masuk Butur dijaga ketat.

Warga non Butur dilarang melintas. Pengecekan kesehatan suhu tubuh dan menjelaskan riwayat perjalanan diberlakukan. Bupati Butur Abu Hasan mengajak semua stekholder bersatu melawan Covid-19 dengan mengkesampingkan saling menyalahkan satu sama lain.

“Ayo bersama lawan Covid-19, halau masuk di Lipu Tinadekono Sara. Legeslatif dan eksekutif harus bersinergi penanganan penyebaran virus mematikan. Ini persoalan kemanusian jika tidak ditangani dengan serius akan fatal,” ujar Abu Hasan.

Abu Hasan mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi, semua desa membentuk satuan tugas relawan desa plus dengan posko satgas. Tak hanya itu, penyuluhan juga dilakukan dengan keliling desa menggunakan pengeras suara serta melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan desa masing-masing.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah, kecamatan, desa dan masyarakat untuk melawan wabah tersebut. Puluhan ribu masker telah dibagikan untuk masyarakat, “tegas Ketua Tim Gugus Penanganan Covid-19 itu.

Total dana desa yang dipersiapkan untuk penanganan pandemi Rp17 miliar. Dana desa sebesar Rp 734 juta yang tersebar di 78 desa . “Setiap desa mengalokasikan anggarannya mulai dari Rp 5 juta. Bahkan ada desa yang mengalokasikan sampai Rp 146 juta,” bebernya.

Abu Hasan berharap, Butur terus berada dalam zona hijau. Satu pasien dalam pengawasan (PDP) warga Butur yang dirawat di RSUD Bahtermas Kendari telah menjalani uji swab dan hasilnya dinyatakan negatif.

“Butur sempat berada masuk zona kuning satu warga berasal dari Kecamatan Kulisusu Utara masuk dalam pasien dalam pengawasan. Alhamdulillah hasil negatif. Jangan remehkan Covid-19, tetap di rumah,” tandasnya. (had/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy