Cegah Covid-19, Abu Hasan Tanpa Lelah Mengedukasi Warga – Kendari Pos
Buton Utara

Cegah Covid-19, Abu Hasan Tanpa Lelah Mengedukasi Warga

Bupati Butur, H. Abu Hasan tak pernah lelah dan terus berupaya menghalau Covid-19 agar tidak masuk di otoritanya. Ia bergerilya mengedukasi warga akan bahaya penyebaran virus. Bupati juga membangun sinergi dengan seluruh stakeholder.

KENDARIPOS.CO.ID — Abu Hasan tak pernah lelah dan terus berupaya menghalau Covid-19 agar tidak masuk di Lipu Tinadekono Sara. Ketua Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Kabupaten Buton Utara (Butur) itu terus bergerilya mengedukasi warga akan bahaya penyebaran virus yang tengah melanda dunia. Langkah pencegahan penyebaran virus corona terus digalakkan. Guna memaksimalkan pencegahan mewabahnya Covid-19 tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membangun sinergi dengan seluruh stakeholder.

Tak cuma di internal Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sinergitas juga dibangun hingga ke tingkat desa/lurah sebagai ujung tombak di lapangan. Salah satunya dengan pembentukan Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 pada level pemerintahan itu se kabupaten. Bupati Butur, Abu Hasan menegaskan agar warganya jangan menganggap remeh penyebaran Covid-19 sehingga apatis dan tidak mengikuti arahan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan menggunakan masker jika beraktivitas. Edukasi terus digalakkan tentang bahaya virus corona menjadi tugas utama.

“Langkah edukasi dilakukan dengan memberikan pemahaman pada warga terkait Covid-19 terus dilakukan diberbagai kesempatan, termasuk saat penyaluran bantuan langsung tunai. Tugas itu juga diberikan pada Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan seluruh Desa di Butur,” tegas Abu Hasan. Ketua PDI Perjuangan Sultra itu menambahkan, desa dan kelurahan sebagai lapisan terbawah pemerintah memiliki peranan penting. Itu karena mereka memiliki akses langsung dengan masyarakat. Sehingga, dengan cara-cara persuasif dan kekeluargaan mampu memberikan edukasi bagi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona ini.

“Satgas Covid-19 di tingkat desa/lurah nantinya bertugas melakukan pemantauan wilayah memberikan nasihat, imbauan dan memonitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan virus corona Covid-19. Di samping itu juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin,” ujar Abu Hasan. Ia juga terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, pemerintah povinsi, dan Pemkab Butur. (had/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy