BPTD Sultra Bakal Tindak Kendaraan Truk Over Kapasitas – Kendari Pos
Metro Kendari

BPTD Sultra Bakal Tindak Kendaraan Truk Over Kapasitas

Truk pengangkutan material kerap membawa muatan melebih kapasitas. Padahal hal itu melanggar. Sejauh ini, BPTD belum menerbitkan izin.

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas truk pengangkut material kerap meresahkan warga. Pasalnya, truk yang membawa timbunan maupun material lainnya tidak ditutup tarpal. Akibatnya, debu bertebaran di mana-mana. Bukan hanya itu, angkutan yang dibawa terkadang melebihi kapasitas kendaraan.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf, mengatakan kendaraan yang melebihi kapasitas dan menggunakan jalan umum merupakan pelanggaran, sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas, yang mengancam umur jalan, baik itu jalan Kota/kabupaten, provinsi d jalan nasional. Terkhusus jalan nasional, telah ada kapasitas beban jalan yang boleh dilewati oleh mobil truk.

“Sejauh ini, tidak sedikit kendaraan yang memuat material over kapasitas. Padahal belum ada izin pengangkutan material timbunan, batu, pasir dan suplit yang melewati jalan nasional. Hingga kini, belum ada pengusaha belum ada mengajukannya,” katanya kemarin.

Pengaturan jalan angkutan yang memuat barang khusus, barang umum atau semua jenis angkutan yang bergerak sambungnya, menjadi kewenangan BPTD bersama Dinas Perhubungan (Dishub). “Penggunaan jalan nasional memang tangung jawab kami. Salah satu wujud pengawasan kami adalah penimbangan kendaraan bermotor dan penimbangan muatan kendaraan di jembatan timbang,” terangnya.

Jembatan timbang yang dimiliki Sultra kata dia, hanya 1 unit saja yang berlokasi di Sabilambo Kolaka. Jika ada angkutan truk yang over kapasitas, BPTD akan berkoordinasi dengan pihak Dirlantas Polda Sultra untuk melakukan tindakan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Diakuinya, pengawasan kendaraan over kapasitas terkendala wabah virus corona. Kendati demikian, pihaknya tetap berusaha melakukan pengawasan secara maksimal. “Jadi semua masih fokus bagaimana penanganan pandemi covid-19. Tetapi bukan berarti aturan lain tidak menjadi perhatian. Sebab, sampai saat ini semua regulasi BPTD tetap kami jalankan sebaik mungkin,” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy