BPKP Mitra Pemda Pantau Anggaran Covid-19 – Kendari Pos
Nasional

BPKP Mitra Pemda Pantau Anggaran Covid-19

Kepala BPKP Sultra, Sasono Adi.


KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berusia tiga dekade lebih. Tepatnya 37 tahun. Pimpinan dan pegawai BPKP perwakilan provinsi Sultra punya cara khas merayakannya. Di tengah pandemi Covid-19 ini, BPKP Sultra mengambil peran dengan membuka ruang konsultasi kepada pemerintah daerah (Pemda) terkait aturan penggunaan anggaran Covid-19.

Selain itu, BPKP Sultra membantu pemda dalam pengawasan dan monitoring akuntabilitas kebijakan penggunaan anggaran di Gugus Tugas Covid-19 Sultra. Langkah itu dilakukan guna mencegah potensi penyalahgunaan anggaran. Terutama penyaluran bantuan sosial (bansos), refocussing kegiatan dan realokasi anggaran. Muaranya agar penyaluran bansos dan penggunaan anggaran Covid-19 lebih terarah dan benar. Untuk mengintensifkan pengawasan, BPKP Sultra membentuk tim terpadu satuan tugas akuntabilitas dan pengawasan yang terlibat di Gugus Tugas Covid-19 Sultra.

Kepala BPKP Sultra, Sasono Adi menuturkan pendampingan dilakukan sangat penting, untuk menjadi pertimbangan pemerintah daerah dalam penggunaan anggaran agar tepat sasaran. Misalnya pada pengadaan barang dan jasa. BPKP memberikan ruang kepada kepala daerah dan inspektorat untuk berkonsultasi.

“Selain satgas, kita punya tim terpadu, dan juga membuka helpdesk dalam bentuk infografis untuk berkonsultasi kepada kami,”tutur Sasono Adi, Jumat (29/5).

Praktiknya, satgas dan tim terpadu BPKP Sultra akan memberikan panduan tata cara refocussing dan realokasi anggaran agar kebijakan yang dijalankan tidak melanggar regulasi. Kepala BPKP Perwakilan Sultra, Sasono Adi menyebutkan, meski BPKP tak secara langsung terlibat dalam audit, namun setidaknya bisa memberikan masukan kepada pemda di Sultra “Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, semua pihak mesti terlibat membantu pemerintah daerah,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam menyambut HUT ke-37, BPKP Sultra menggelar bakti sosial penghijauan dan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat Kendari yang terdampak pandemi Covid-19. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy