BLT-DD Wakatobi Diserahkan Secara Simbolis – Kendari Pos
Wakatobi

BLT-DD Wakatobi Diserahkan Secara Simbolis

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan tunai langsung (BLT) melalui dana desa (DD) di Kabupaten Wakatobi mulai dilakukan. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sosial (Bansos) tunai langsung dari Kemensos, PKH hingga Bansos pangan, dipastikan menerima BLT-DD dari Pemerintah Desa setempat. Di Wakatobi, bantuan ini telah dilaunching dan diserahkan pada warga yang berhak menerima.

Pada penyaluran awal, sebanyak 53 desa siap memberikan BLT-DD. Sementara 22 desa lainnya saat ini masih melakukan proses pencairan DD tahap satu. Sehingga proses penyaluran BLT-DD terpaksa harus menunggu pencairan. Bupati Wakatobi, H. Arhawi yang melaunching sekaligus menyalurkan secara simbolis berharap seluruh masyarakat baik yang kurang mampu maupun terdampak, dapat menerima bantuan ini. Selain BLT-DD, Bansos dari Kemensos pun mulai tersalur.

Bupati Wakatobi, H Arhawi (tengah) saat menyerahkan secara simbolis BLT-DD kepada salah seorang warga Desa Sombu yang didampingi Camat Wangi-Wangi (kedua kanan)

Wakatobi-1 itu menyebut, sebelumnya total data calon penerima Bansos yang diusulkan Dinsos Wakatobi ke Pemerintah Pusat sebanyak ke 8.176. “Tetapi ternyata setelah dilakukan verifikasi yang dapat disalurkan pada 7.970 KK penerima. Masih ada 206 KK yang belum mendapatkan Bansos ini. Jadi, yang tidak terima ini akan didata oleh desa lalu disalurkan melalui BLT-DD ini,” ungkap Arhawi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi, La Ode Husnan, menuturkan berdasarkan petunjuk teknis dari Kementerian disebutkan, DD dibawah Rp 800 juta wajib menyalurkan 25 persen. Sementara Rp 800 hingga Rp 1,2 miliar sebanyak 30 persen dan di atas Rp 1,2 miliar sebanyak 35 persen. “Kalau total di Wakatobi yang siap disalurkan sebanyak Rp 19 miliar yang tersebar pada semua desa. Pagu yang dibagikan dan ditotalkan selama tiga bulan maka Wakatobi punya kuota sebanyak 10.771 KK yang akan menerima bantaun ini,” ungkapnya. Ia menyebut masing-masing penerima bantuan ini sebesar Rp 600 ribu. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy