BI Sediakan Uang Kartal Rp 1,45 Triliun – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BI Sediakan Uang Kartal Rp 1,45 Triliun

Suharman Thabrani

KENDARIPOS.CO.ID — Bank Indonesia (BI) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Jasa Keuangan, industri Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) berkomitmen untuk tetap menyediakan layanan transaksi keuangan dan transaksi pembayaran guna memfasilitasi kegiatan perekonomian dan kebutuhan masyarakat di tengah upaya penanggulangan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala BI Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra), Suharman Thabrani mengatakan, dalam melaksanakan operasional layanan dan tugas kritikal, BI akan senantiasa memerhatikan keputusan Pemerintah, memperkuat pelaksanaan K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) bagi pegawai BI dan mitra kerja, menerapkan mekanisme bekerja dari rumah (work from home), dan bekerja dari beberapa lokasi yang tersebar (split operation).

“Dalam menjaga kelangsungan layanan dan tugas kritikal tersebut, BI berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan otoritas terkait lainnya dalam hal pengaturan dan pemberian akses di lokasi operasional BI,” ujar Suharman, pekan lalu.

Lanjut dia, Bank Indonesia telah menetapkan langkah-langkah untuk memastikan bahwa uang Rupiah yang didistribusikan kepada masyarakat telah melalui proses pengolahan khusus guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Di mana, terhadap setoran uang yang diterima dari perbankan atau PJPUR telah dilakukan pengondisian berupa karantina selama 14 hari dan dilanjutkan dengan proses penyemprotan disinfektan sebelum dilakukan pengolahan dan didistribusikan kembali kepada masyarakat.

Selain itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan pada sarana, prasarana dan area perkasan, penguatan higienitas pegawai dan perangkat pengolahan uang, dan melakukan koordinasi dengan perbankan/PJPUR untuk menerapkan langkah-langkah dalam pengolahan uang Rupiah dengan memerhatikan aspek K3 dari sisi SDM maupun perangkat pengolahan uang Rupiah.

Suharman menjelaskan, Bank Indonesia telah menyediakan uang kartal yang mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat yang cenderung meningkat di bulan Ramadan dan Idul Fitri. Upaya yang dilakukan oleh pihaknya antara lain pemenuhan kebutuhan uang kartal di perbankan dan pengelola kas titipan Bank Indonesia sebesar Rp 1,45 triliun. Nilai tersebut meningkat 26,92 persen dari realisasi tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 1,14 triliun.

Di samping itu, Bank Indonesia meminta perbankan untuk dapat melayani kebutuhan uang kartal masyarakat lebih awal dan membuka layanan penukaran melalui loket perbankan. Perbankan juga harus memastikan uang kartal di mesin ATM yang dimilikinya tersedia setiap saat.

“Pemenuhan kebutuhan uang kartal melalui bank pengelola kas titipan Bank Indonesia yang berada di Kolaka dan Baubau akan dilakukan secara front loading. Bank Indonesia juga tetap melayani kegiatan setoran dan penarikan dari perbankan,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy