Bersama Perangi Corona, Pemkot Baubau Gelorakan Semangat PO5 – Kendari Pos
Bau-bau

Bersama Perangi Corona, Pemkot Baubau Gelorakan Semangat PO5

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menunjukan keseriusan dalam menangani pandemi Covid-19. Sejumlah langkah ditempuh agar pandemi tak makin meluas. Mulai dari kebjikana anggaran, adminstrasi, sosialiasai hingga imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Wali Kota Baubau AS Tamrin totalitas bekerja, menjaga warganya dari virus itu. Perjuangan dan kerja keras tersebut membutuhkan dukungan dan semangat dari seluruh lapisan masyarakat. Pemkot tidak bisa menjadi “pemain” tunggal dalam memerangi dan memutus mata rantai pandemi itu.

Kesadaran, kekompakan, serta kepedulian seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama berjuang dengan pemerintah sangat dibutuhkan. Hal itu dapat diimplementasikan dengan menggemakan semangat PO5, popia-piara (saling memelihara), pomamasiaka (saling menyayangi), poangka-angkataka (saling mengangkat harkat), pomae-maeakan (saling menghargai) dan pobinci-binci kuli (toleransi), bersama memerangi virus corona.

“Dalam kondisi yang seperti ini, rasa kebersamaan dan empati kepada sesama sangat dibutuhkan. Semua itu telah tercermin dalam prinsip-prinsip nilai budaya PO5,” kata AS Tamrin.

Semangat dan penerapan nilai-nilai falsafah budaya PO5 telah diimplementasikan oleh berbagai lapisan masyarakat di Kota Baubau. Meski masih ada yang belum, namu kepedulian terhadap sesama begitu tinggi. Semangat PO5 ditunjukan oleh Pemkot Baubau, TNI dan Juga Polri yang menyalurkan berbagai jenis bantuan bahan pokok dan juga masker gratis.

Aksi sosial itu diikuti Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Baubau, paguyuban, lembaga masyarakat, kelompok pemuda dan lainya. Mereka berkontribusi dalam memerangi Covid-19 dengan menyerahkan bantuan bahan pokok dan masker gratis.

Ikatan Keluarga Jawa, Yayasan Gunung Sari Darma Bakti, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia, Baubau – Sulawesi Tenggara juga yang menyerahkan bantuan buat tangani pandemi. Kelompok guru-guru SD dan SMP sekota Baubau yang memberikan bantuan beras. Kelompok pemuda keraton turun ke jalan membagikan masker gratis kepada masyarakat.

“Atas semua ini, kita ucapkan terima kasih. Semua adalah bentuk perhatian dan kontribusi dalam melawan wabah virus corona. Semua ini sebagai wujut kebersamaan yang terkandung dalam nilai-nilai budaya PO5 dan menyatuh dalam semangat gotong royong,” kata Wali Kota Baubau dua periode itu.

Pemkot Baubau melakukan pergeseran APBD untuk penanganan Covid-19. Nilainya Rp 23,9 miliar. Pengelolaan anggaran itu dilakukan Rumah Sakit Umum Baubau, Dinas Kesehatan Baubau, dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau. Seluruhnya untuk biaya pengadaan kelengkapan alat medis, alat pelindung diri (APD) termasuk honor tenaga medis.

“Refocusing dan ralokasi APBD kita lakulan berdasarkan petujuk pemerintah pusat. Semua untuk dana persiapan untuk langkah-langkah dalam penaggulangan Covid-19. Kita juga sudah melakukan pembatalan seluruh kegiatan yang sumbernya dari Dana Alokasi Khusus yang sifatnya fisik sesuai petujuk penerintah pusat,” ucap Ketua DPD PAN Baubau itu.

Tidak hanya itu, dari sisi administrais, Pemkot Baubau juga telah melakukan sejumlah upaya dalam kaitanya dengan penanganan dan pencegahan virus. Misalnya, seperti kebijakan bekerja dari rumah bagi ASN, imbauan untuk tidak berkerumun dan lainya. Pemkot mengirim surat ke Kemetrian Perhubungan Laut menyampaikan izin penolakan kapal KM Dobonsolo untuk sandar di Pelabuhan Murhum karena adanya dua ABK kapal yang positif terpapar corona. Begitu pula dengan kapal KM Mega Abadi juga tidak diizinkan sandar.

“Saya menyurat langsung ke Kementerian Perhubungan. Kita meminta izin menyapaikan usulan agar KM Dobonsolo tidak sandar di Baubau. Begitu pula dengan KM Mega Abadi, saya sudah bersurat ke KUPP kelas I Baubau agar tidak sandar di Pelabuhan Murhum. Semua itu sebagai upaya mencegah meluasnya wabah virus corona,” tutup Doktor jebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDM) Kampus Jatinangor, Jawa Barat itu. (ahi/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy