Bermunajat agar Tanah Wolio Tetap Zona Hijau, Warga Buton Bakal Gelar Salat Id – Kendari Pos
Buton

Bermunajat agar Tanah Wolio Tetap Zona Hijau, Warga Buton Bakal Gelar Salat Id

KENDARIPOS.CO.ID — Puasa sebentar akan berakhir dan Idul Fitri segera tiba. Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat jauh hari sudah melarang pelaksanaan salat berjamaah di masjid atau lapangan. Aktivitas ibadah itu dianjurkan ditunaikan di rumah saja.

Meski begitu, warga Buton tetap sedikit merasa lega. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama lembaga keagamaan menyepakati jika warga tetap bisa menyelenggarakan salat id di masjid maupun di lapangan. Kendati tetap harus berpedoman pada protokol kesehatan.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan, awal pekan lalu Ia sudah mengundang semua instansi terkait untuk membahas pelaksanaan salat id itu. Sesuai hasil pemaparan semua pihak baik dari Kemenag, Dinas Kesehatan, MUI dan instansi terkait lainnya, dengan memperhatikan perkembangan Covid-19 di Buton yang tergolong aman, maka pelaksanaan salat Idul Fitri diperbolehkan untuk berjamaah di masjid dan lapangan.

“Tapi dengan catatan harus memperhatikan protokoler kesehatan. Salat harus pakai masker. Jika batuk atau flu tidak diperbolehkan untuk salat berjamaah. Cukup sembahyang di rumah saja,” tegasnya.

Selain itu, kita akan memperketat pintu masuk wilayah Kabupaten Buton saat pelaksanaan salat id nantinya. Satgas, TNI, Polri, Satpol PP juga tenaga medis akan menjaga ketat Posko perbatasan. Mereka akan dilengkapi alat pengukur suhu tubuh dan dilakukan penyemprotan disinfektan. “Jika ada masyarakat yang datang tidak punya masker, akan disiapkan,” sambungnya.

Khusus di ibu kota Kabupaten, Pasarwajo, pelaksanaan salat id akan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Banabungi. Bupati dan sejumlah kepala OPD akan berjamaah di lokasi tersebut.

“Panitia akan menyiapkan segala sesuatunya. Akan ada gerbang masuk dan semua yang datang harus cuci tangan dulu serta jangan lupa pakai masker,” imbuhnya. (adv/lyn/mel)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy