Belum Semua Desa Salurkan BLT di Konkep – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Belum Semua Desa Salurkan BLT di Konkep

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), yang terdaftar sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD), harus bersabar. Dari 89 desa yang ada di wilayah itu, baru 69 desa yang sudah menyalurkan BLT-DD tahap I, periode April pada warga yang terdampak Covid-19. Sementara 20 desa lainnya, sama sekali belum menyalurkan bantuan tersebut. Diketahui 20 desa itu tersebar di empat kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Wawonii Barat, delapan desa, Kecamatan Wawonii Timur Laut, satu desa, Kecamatan Wawonii Selatan, tujuh desa dan Kecamatan Wawonii Tengah, ada empat desa.

Kepala Dinas Permberdayaan Maayarakat Desa (DPMD) Konkep, H. Mihdar mengatakan, penyalurkan BLT-DD tahap I baru menyentuh angka 80 persen. Masih ada 20 desa yang belum menyalurkan bantuan Rp 600 ribu per bulan kepada warga yang terdampak virus corona. “20 desa yang belum menyalurkan BLT, kita lagi upayakan untuk secepatnya disalurkan. Apa lagi sekarang sudah masuk Bulan Mei, sudah pencairan tahap II,” kata H. Mihdar, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (12/5). Ia menjelaskan, pekan depan 89 desa yang ada di Bumi Wawonii sudah semua menyalurkan BLT ke masing-masung warganya. Karena saat ini penyaluran bantuan bencana non alam itu sudah masuk ke periode Mei.

Kepala Dinas Permberdayaan Maayarakat Desa (DPMD) Konkep, H. Mihdar

“Paling lambat minggu depan sudah tuntas semua desa,” terangnya. Mantan Kabag Protokoler DPRD Konkep itu berharap agar bantuan yang disalurkan kepada warga bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Pihaknya juga memberikan wejangan kepada Kepala Desa (Kades) untuk tidak main-main dalam penyaluran BLT-DD. “Kita berharap agar bantuan yang disalurkan kepada warga terdampak ini, betul-betul dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari dan tidak disalahgunakan,” tandasnya. Dihimpun Kendari Pos, ada 3.493 warga yang tersebar di 89 desa di tujuh kecamatan yang menerima BLT DD. Tiap bulannya warga mendapat Rp 600 ribu. Bantuan tersebut akan terus berlangsung hingga Juni mendatang. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy