Belajar dari Umar, Oleh: LM Rusman Emba – Kendari Pos
Muna

Belajar dari Umar, Oleh: LM Rusman Emba

LM Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Saya pernah mendengar kisah tentang Khalifah Umar bin Khatab ra. Kisah yang terjadi sekira tahun 8 Hijriah. Saat itu, Umar dan rombongan sedang dalam perjalanan menuju negeri Syam. Tatkala mendengar negeri yang dituju sedang dilanda wabah, Umar memutuskan tidak melanjutkan perjalanan dan memilih kembali ke Madinah. Umar meninggalkan takdir buruk di negeri Syam.

Kisah Umar tersebut sangat relevan dengan apa yang dialami umat muslim saat ini. Pandemi virus korona (Covid-19) memang adalah takdir yang ditetapkan Allah SWT. Namun bukan berarti, kita pasrah dan berputus asa. Masih ada pilihan untuk berpindah kepada takdir yang lebih baik. Umar bahkan telah memberikan teladan kepada kaum muslimin sejak 14 abad yang lalu.

Seperti Umar, kita pun harus meninggalkan takdir buruk dari pandemi saat ini. Ada beberapa ikhtiar yang dapat dilakukan. Pertama, kita harus mengikuti protokol kesehatan seperti physical distancing yang telah dianjurkan pemerintah. Pertama, berperilaku hidup sehat dengan rajin cuci tangan dan rutin berolahraga agar imunitas tubuh terjaga. Kedua, menjauhi kerumunan dan mengurangi aktivitas diluar rumah. Ketiga, selalu menggunakan masker jika terpaksa harus berada di tempat umum.

Saya menyadari tidak mudah menjalankan physical distancing terutama di bulan suci Ramadan. Buka puasa bersama dan tarawih berjamaah adalah ibadah yang setiap tahunnya dinantikan umat muslim. Namun memilih tidak melaksanakannya di masjid dan menggantinya dengan di rumah saja, barangkali kita tidak akan terbiasa. Tetapi itulah keputusan pemerintah demi kebaikan bersama.

Meski demikian saya yakin dan percaya kemuliaan ramadan bukan saja pada ibadah ritualnya. Allah SWT mencurahkan berkah dan rahmat pada umat yang selalu bertawakal. Berpuasa dan beribadah di rumah tidak mengurangi nilai ibadah. Malah justru lebih diutamakan saat ini. Begitu para ulama menganjurkan.

Kita bisa belajar dari Umar. Memilih mengejar kemuliaan ramadan dari rumah saja.

Itulah cara kita berpindah kepada takdir yang lebih baik. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu lewat doa dan ikhtiar kita di bulan Ramadan. Dan semoga, Allah SWT berkenan memertemukan kita dengan takdir yang lebih baik : Menjumpai Ramadan tahun depan tanpa virus korona. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy