Baznas Baubau Bantu Duafa di 43 Kelurahan – Kendari Pos
Bau-bau

Baznas Baubau Bantu Duafa di 43 Kelurahan

Wali Kota Baubau, AS Tamrin (pakai kopiah) menyerahkan secara simbolis bantuan paket Sembako dari Baznas untuk disalurkan pada kaum duafa di sejumlah kelurahan. AHIRMAN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan bagi kaum duafa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Baubau telah dilakukan sejak akhir pekan lalu. Bantuan berupa paket Sembako dan uang tunai itu diserahkan langsung Wali Kota Baubau, AS Tamrin secara simbolis ke masing-masing perwakilan kelurahan dan kecamatan. Dalam kesempatan itu, AS Tamrin meminta agar, penyaluran bantuan ke masyarakat dilakukan dengan baik dan tepat sasaran.

“Jangan sampai diterima yang bukan kriteria duafa misalnya. Harus benar-benar duafa yang sudah didata sesuai kriteria Baznas,” kata AS Tamrin, kemarin. Penyaluran bantuan Baznas dilakukan secara merata ke semua kelurahan di Kota Baubau. Setiap kelurahan dijatah 10 orang kaum duafa yang mendapatkan bantuan. Artinya dari total 43 kelurahan yang ada di Baubau, maka jumlah keseluruhan kaum duafa yang akan mendapatkan bantuan Baznas sebanyak 430 jiwa.

“Kemudian jumlah bantuannya jangan dikurang-kurangi. Penyaluranya harus tepat waktu dan tepat guna,” kata Wali Kota Baubau dua periode itu. Doktor jebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor tersebut menerangkan, pihaknya hanya menyerahkan secara simbolis. Selanjutnya bantuan akan dilanjutkan masing-masing pihak kelurahan ke masyarakat yang kategori duafa.

Penyaluran bantuan duafa oleh Baznas merupakan agenda rutin setiap tahun. Biasanya, para kaum duafa diundang langsung ke Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota menerima bantuan sekaligus buka puasa bersama jajaran Pemkot Baubau. Hanya karena adanya wabah virus corona, maka penyerahan bantuan tahun ini dilakukan secara terbatas. Dalam artian penerima bantuan diwakilkan beberapa orang dan kursi duduk diatur berjarak. “Karena dalam situasi Covid-19 maka proses penyerahan bantuan kita lakukan sesuai protokol kesehatan. Penyerahan bantuan diwakilkan dan sepintas saja (cepat),” tutup Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Baubau itu. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy