Bawaslu Sultra Pantau Distribusi Bansos – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Sultra Pantau Distribusi Bansos

Hamiruddin Udu

KENDARIPOS.CO.ID — Distribusi bantuan sosial (Bansos) rawan dipolitisasi. Meski Pilkada ditunda, namun Bawaslu tetap memantau proses penyaluran Bansos saat pandemi Covid-19 agar tak dipakai untuk menarik simpati calon pemilih.

Bawaslu Sultra menerima laporan tentang adanya dugaan politisasi Bansos yang dilakukan oknum bakal calon kepala daerah di Pilkada Konsel. Bawaslu terus mendalami kasus penyerahan bantuan bahan pokok kepada warga saat pandemi Covid-19.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan Bansos yang dimanipulasi demi kepentingan politik bisa menyalahi aturan. Apalagi bila menyalahgunakan wewenang dalam melaksanakan program dan kegiatan pemerintah. Tentunya itu akan menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Hamiruddin Udu mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada pihak Bawaslu Konsel untuk dilakukan penelusuran terlebih dahulu. Hal itu untuk memastikan kebenaran laporan masyarakat setempat yang mengetahui adanya tindak manipulasi Bansos. Termasuk mengkaji, apakah sudah ada pelanggaran atau tidak.

Sementara itu, Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sultra Muhammad Nasir membenarkan laporan tersebut.Ia mengatakan, adanya laporan masyarakat terkait manipilasi Bansos yang terjadi di Konsel. “Tidak etis jika Bansos dijadikan ajang pencitraan untuk meraup keuntungan pada Pilkada, meskipun itu murni untuk kemanusiaan,” ujarnya.

Ia mengimbau bakal calon kepala daerah agar tidak melalukan pencitraan diri melalui bantuan sosial. Jika ingin membantu silakan saja asal dengan niat untuk kemanusiaan. (m3/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy