Bareskrim Tetapkan Tersangka Tiga Direktur Perusahaan Tambang di Sultra – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Bareskrim Tetapkan Tersangka Tiga Direktur Perusahaan Tambang di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus dugaan penambangan ilegal di Kabupaten Konawe Utara (Konut) memasuki babak baru. Dari hasil pemerikasaan, Tim penyidik Tipidter Bareskrim Polri resmi menetapkan tiga orang tersangka. Ketiga tersangka tak disebutkan namanya yakni Direktur PT PNN, Direktur PT NPM dan Direktur PT RMI. Ketiga perusahaan ini diduga yang melakukan pengerukan nikel dalam kawasan hutan. Selain itu, tim penyidik turut mengamankan barang bukti ore nikel sebanyak 64 ribu metrik ton.

Ketua Tim Tipidter Bareskrim Polri, Kombes Pol Pipit Rismanto membenarkan kabar tersebut. Dia menuturkan, semua saksi-saksi sudah diperiksa dalam kasus ini termasuk ESDM, kontraktor mining dan pimpinan PT BP yang diduga mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada Perusahaan yang bekerja ke IUPnya.”Ada tiga orang kami tetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini,”kata Kombes Pol Pipit, kepada Kendari Pos.

Penyelidikan kasus tambang kata dia, berawal dari bencana alam yang terjadi di Konut tahun 2018 lalu. Atas dasar itu, polisi melakukan investigasi. Ada dugaan bahwa pemicunya aktivitas pertambangan ilegal yang kerap menerobos kawasan hutan lindung. Akibatnya, tempat menyerapnya air sudah tidak dan terjadilah banjir besar. “Awal penyelidikan ini, kebetulan waktu itu tim investigasi pemicu banjir di Konut saya tergabung. Dalam kasus ini, pihaknya telah melimpahkan sebagian berkas ke Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk tahapan penuntutan”kata Kombes Pol Pipit. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy