Banyak Pelaku Usaha di Kolut tak Paham SIMBG – Kendari Pos
Kolaka Utara

Banyak Pelaku Usaha di Kolut tak Paham SIMBG

Iskandar Adnin


KENDARIPOS.CO.ID — Sistem informasi manajemen bangunan gedung (SIMBG) yang diluncurkan pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kolaka Utara (Kolut) pada akhir tahun lalu, belum cukup optimal menggaet pelaku usaha dalam mengajukan izin secara online. Alasan mendasar karena minimnya pemahaman terkait pengoperasian aplikasi tersebut sehingga dibutuhkan upaya sosialisasi secara intens.

Kepala DPM-PTSP Kolut, Iskandar Adnin mengakui, selain butuh sosialisasi, kendala lainnya yakni tidak adanya tim ahli bangunan gedung. Izin mendirikan bangunan (IMB) dan sertifikat layak fungsi bangunan (SLF) di SIMBG tidak akan keluar jika tanpa analisis dari tim ahli tersebut. “Tim ahli bangunan terdiri dari pelaku dunia usaha, akademisi, konsultan berkompeten yang diberi surat keputusan oleh bupati. Ini yang belum ada,” bebernya, kemarin.

Para pelaku usaha kecil dan besar di Kolut harus melapor dan mendaftarkan usahanya melalui website. Aplikasi itu sendiri bernama online single submission (OSS) yang diluncurkan berdasarkan PP 24 tahun 2018. Bagi pengusul izin yang tidak paham komputer maupun internet diminta membawa rekan atau keluargannya untuk mendampingi mendaftar.

Kedua kendala tersebut sambung Iskandar berdampak pada tak tercapainya target PAD yang sebelumnya dipatok Rp 200 juta namun hanya mendapatkan Rp 100 juta saja. Pihaknya berupaya ke depan sudah ada tim ahli jika tersedia anggaran. “Ini juga karena dampak Covid-19 karena rata-rata usaha tutup dan kalaupun buka sepi pelanggan,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy