Bantu Pemda, BPKP Sultra Buka Ruang Konsultasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Bantu Pemda, BPKP Sultra Buka Ruang Konsultasi

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memastikan refocusing anggaran sesuai prosedur, BPKP Sultra membuka ruang bagi Pemerintah Daerah (Pemda) di Sultra melakukan konsultasi. Jangan heran, setiap saat BPKP intens berkordinasi dengan Pemda termasuk Pemprov Sultra. Sebagai lembaga yang memiliki tugas melakukan monitoring dan pengawasan, BPKP telah membentuk Tim Terpadu Satuan Tugas Akuntabilitas dan Pengawasan. Tim ini turut terlibat dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sultra.

Kepala BPKP Sultra, Sasono Adi mengatakan siap membantu Pemda dalam merefocusing anggaran. Tidak hanya memberi saran, namun juga memberi penjelasan tentang aturan. Dengan begitu, kebijakan yang dijalankan tidak sampai menabrak aturan termasuk dalam proses pengadaan barang dan jasa. Upaya ini sesuai arahan pimpinan BPKP dalam menjalankan Inpres nomor 4 tahun 2020. Yang mana, BPKP ditugaskan untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap akuntabilitas keuangan dalam upaya percepatan penanganan covid-19.

Saat ini, pihaknya telah membentuk Tim Layanan Konsultasi bagi seluruh Pemda di Sultra. Selain itu, BPKP juga melakukan koordinasi dengan beberapa OPD lingkup Pemprov Sultra seperti BPKAD, Dinas Kesehatan, BPBD dan Inspektorat.

Pendampingan ini kata dia, merupakan bentuk perhatian BPKP Sultra demi mendukung program penanganan Covid 19 yang dijalankan. “Koordinasi dengan Pemda masih tersus berjalan. Ada beberapa OPD dan Inspektorat yang berkonsultasi kepada kami tentang tata cara pengunaan anggaran. Kami sampaikan yang benar itu seperti ini. Kalau salah kita sarankan yang baik. Pada prinsipnya, harus tetap mengikuti aturan,” tandasnya.

Plt. Sekprov Sultra, La Ode Ahmad Pidana mengatakan keterlibatan BPKP sangat membantu Pemda dalam merefocussing dan merealokasi anggaran. Menurutnya, pemerintaj perlu pendampingan dalam bentuk saran, masukan dan solusi terkait kendala yang dihadapi.

Secara umum, ia mengaku pendampingan memudahkan proses kegiatan OPD. (adv/ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy