Ayo Penuhi Kebutuhan Pangan dengan Kebun Keluarga – Kendari Pos
Konawe

Ayo Penuhi Kebutuhan Pangan dengan Kebun Keluarga

KENDARIPOS.CO.ID — Mewabahnya Covid-19 hingga di Kabupaten Konawe, membuat warga setempat lebih banyak berdiam diri di rumah hingga kondisi membaik. Akibat pandemi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) meminta semua warganya menerapkan social and physical distancing. Padahal disisi lain, warga juga dihadapkan pada tuntutan pemenuhan pangan selama mengikuti protokol pemerintah tersebut.

Pemkab Konawe pun mengajak masyarakatnya untuk menggalakkan program kebun keluarga. Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara menjelaskan, program kebun keluarga merupakan solusi alternatif pemenuhan pangan bagi warga ditengah merebaknya Covid-19. Dengan program itu, masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayuran maupun umbi-umbian. Program itu akan menstimulus rumah tangga supaya bisa memproduksi kebutuhan pangan secara mandiri.

“Ini untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat. Program kebun keluarga dengan membuat lahan mikro memanfaatkan area di rumah untuk memasok nutrisi harian secara mandiri,” ujar Gusli Topan Sabara. Ketua DPC PAN Konawe itu mengatakan, metode yang digunakan dalam program kebun keluarga mengadopsi konsep urban farming. Cara itu, sebut Gusli Topan Sabara, dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan lahan pada level rumah tangga.

Ia menyebut, tanaman yang cocok dibudidayakan lewat konsep urban farming tersebut seperti bayam, selada, kangkung ataupun sayuran lain yang mudah dipetik sewaktu-waktu. “Tumbuhan sayur bisa jadi solusi karena masa tanamnya pendek. Dengan begitu, ketersediaan pangan harian tetap bisa terjaga. Bisa ditanam di wadah polybag, vertical planter, atau dengan cara menanam hidroponik,” saran mantan Ketua DPRD Konawe itu. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy