Atasi Kemacetan, Pemkot Kendari Bangun Outer Ring Road – Kendari Pos
Metro Kendari

Atasi Kemacetan, Pemkot Kendari Bangun Outer Ring Road

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus menggenjot pembangunan jalan lingkar luar atau outer ring road. Proyek pembangunan jalan yang dirintis sejak 6 tahun yang lalu itu masih terus dikerjakan. Jika tidak ada hambatan, proyek yang telah menghabiskan ratusan miliar itu rampung tahun depan.

Sulkarnain menjelaskan, pembangunan jalan lingkar luar adalah kebutuhan Kota Kendari secara khusus untuk sekian puluh tahun yang akan datang. Jalan ini akan menjadi pengembangan kawasan strategis, dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Kendari khususnya, dan Sultra pada umumnya, yang tentunya bertujuan meningkatkan perekonomian nasional.

“Membangun kota itu harus melihat perkembangan dan daya tahan untuk 50 hingga 100 tahun ke depan. Tak bisa hanya dilakukan untuk bersifat kondisional semata, karena pembangunan kota harus matang secara strategi,” kata Sulkarnain, Wali Kota Kendari.

Menurutnya, jalan merupakan hal terpenting dalam membangun perekonomian masyarakat semakin baik dan efisien waktu tempuh jalan, maka ekonomi masyarakat akan mudah didongkrak.

Pembangunan jalan lingkar luar, lanjut Sulkarnain adalah untuk memecah arus lalu lintas dalam kota agar tidak terjadi kemacetan seiring perkembangan kota yang semakin pesat. “Ini merupakan torobosan pemerintah untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota di waktu mendatang,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pembangunan outer ring road merupakan upaya memperpendek jarak tempuh, memecah kemacetan dalam kota, serta memisahkan kendaraan bertonase besar sehingga tidak masuk ke dalam kota. “Jalur ini juga akan menghubungkan Kendari dengan beberapa kabupaten tetangga seperti Konawe dan Konawe Selatan. Jalur ini akan melewati kawasan terminal tipe A yang sedang dibangun oleh Pemkot,” jelasnya.

Selain itu, kata Ketua DPC PKS Kota Kendari ini, pembangunan jalur lingkar luar saat ini adalah sebagai akses utama menuju Pelabuhan Bungkutoko. Dikatakan, semua kendaraan berasal dari luar Kota Kendari menuju Pelabuhan Bungkutoko harus melalui jalur tersebut. “Kami tidak akan benarkan ada kendaraan luar Kendari tujuan pelabuhan memasuki jalur dalam kota, tetapi harus melalui jalur lingkar luar. Ini kita lakukan sebagai solusi memecah kemacetan dikemudian hari,” tuturnya.(b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy