ASN Diminta Sumbang Warga Terdampak Covid-19 : Pejabat Rp 200 Ribu, Golongan IV Rp 50 ribu – Kendari Pos
Kolaka

ASN Diminta Sumbang Warga Terdampak Covid-19 : Pejabat Rp 200 Ribu, Golongan IV Rp 50 ribu

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi virus corona yang melanda tanah air menyebabkan penghasilan sejumlah warga menurun drastis. Untuk membantu ekonomi mereka yang berpenghasilan rendah dan tidak mempunyai pekerjaan tetap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk menyumbangkan gajinya membantu warga yang terkena dampak covid-19.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka, H. Poitu Murtopo, mengungkapkan, sumbangan ASN untuk warga terdampak Covid-19 tersebut akan berlangsung selama tiga bulan, sejak Mei hingga Juli. Besaran sumbangan tiap ASN bervariasi, tergantung jabatan dan golongan. “Untuk eselon II Rp 200 ribu tiap bulan, eselon III Rp 150 ribu, eselon IV Rp 100 ribu. Sedangkan untuk ASN golongan III dan IV sebanyak Rp 50 ribu per bulan. Sumbangan ASN ini diluar anggaran Rp 36 miliar yang siapkan sebelumnya untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Poitu mengatakan, ASN memiliki gaji tetap sehingga perlu membantu warga yang berpenghasilan rendah. Ia berharap dengan adanya bantuan dari ASN tersebut maka beban warga dapat berkurang. “Sumbangan ini menggugah kepedulian ASN di masa pandemi corona. Di sini dilihat integritasnya. ASN harus berperan dalam membantu rakyat di saat seperti ini,” tegasnya. Terkait mekanisme pengumpulan sumbangan tersebut, Poitu menjelaskan, gaji para pegawai tersebut nantinya akan langsung dipotong. “Kemudian masuk ke rekening Korpri, lalu ke rekening Covid-19. Jadi nanti dilaporkan secara rinci. Setiap SKPD akan melaporkan siapa saja pegawai dan berapa besar sumbangan setiap pegawainya,” ujarnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy