AS Tamrin Salurkan Bantuan Paket Sembako – Kendari Pos
Bau-bau

AS Tamrin Salurkan Bantuan Paket Sembako

Wali Kota Baubau AS Tamrin (kanan) menyerahkan bantuan sembako senilai Rp 500.000 secara simbolis kepada camat untuk selanjutnya didistribusikan ke kelurahan dan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).


KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Baubau, AS Tamrin membuat warganya tersenyum bahagia di tengah “teror” virus corona disease (Covid-19). AS Tamrin hadir melipur sedih warga Baubau yang terdampak pandemi Covid-19. Kesulitan hidup karena keterbatasan gerak mencari rezeki dijawab AS Tamrin dengan gelontoran bantuan sembako.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin secara simbolis menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Baubau kepada para camat se-Kota Baubau, Senin (18/5) kemarin. Selanjutnya BLT itu akan diserahkan ke kelurahan untuk di salurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BLT dalam bentuk sembako itu senilai Rp 500.000

“Total keseluruhan KPM yang mendapatkan adalah sebanyak 11.236 kepala keluarga. Setiap KPM mendapatkan satu paket sembako senilai Rp 500.000. Saya harap penyaluranya dilakukan dengan baik, tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu,” kata AS Tamrin saat menyerahkan bantuan sembako secara di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Baubau, Senin (18/5).

Penyaluran sembako senilai Rp 500.000 setiap paketnya dilakukan dengan mengikut nilai bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Sembako akan disalurkan lurah ke warga yang berhak mendapatkan. “Saya minta camat memantau penyaluran bantuan ini. Begitu pula dengan lurah hingga RT agar memberikan bantuan ini tepat sasaran. Berdayakan relawan misalnya karang taruna sebagai mitra Dinas Sosial untuk berpartisipasi dalam proses penyaluran. Karena mereka juga harus proaktif membantu penyaluran bantuan dengan tulus,” pinta AS Tamrin.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Sosial Kota Baubau, jumlah KPM yang terdampak virus corona di daerah itu sebanyak 19.127 KPM. Dari keseluruhan jumlah penerima, untuk tahap pertama sekira 11.236 yang akan mendapat bantuan. Sisanya masing-masing yaitu 7.630 KPM akan mendapatkan bantuan dari anggaran Pemrov Sultra. Lalu, 4.000 KPM mendapat bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 500 ribu dan 3.630 KPM mendapatkan bantuan dalam bentuk sembako. Dan bagi KPM yang tidak tersentuh bantuan Pemprov maupun Pemkot Baubau akan diusulkan mendapat bantuan uang tunai dari pemerintah pusat sebesar Rp 600.000 per KPM.

AS Tamrin menambahkan, pihaknya telah berupaya maksimal agar penyaluran bantuan bisa tepat waktu. Hanya saja, semua butuh singkronisasi data penerima bantuan agar nama yang mendapatkan tidak ganda. Misalkan namanya termuat dalam daftar penerima bantuan dari provinsi juga terdata lagi pada penerima bantuan di Pemkot Baubau. “Tetapi semua itu ikhlas dilakukan karena menangani orang banyak bukan perkara mudah. Kita harus bekerja dengan tulus ikhlas agar semua bisa berjalan lancar dan sesuai harapan. Apalagi dengan kondisi keprihatian saat ini. Kita tidak boleh hitung-hitungan,” pungkas Ketua DPD PAN Baubau itu. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy