Ali Mazi Gagas Laboratorium Uji Swab Mandiri – Kendari Pos
Nasional

Ali Mazi Gagas Laboratorium Uji Swab Mandiri

Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) didampingi Pj.Sekprov Sultra, La Ode Ahmad P. Bolombo (kanan) memantau fasilitas kesehatan penanganan pandemi Covid-19. Gubernur menginisiasi adanya laboratorium swab mandiri Covid-19.

KENDARIPOS.CO.ID — Labolatorium, alat dan operator swab menjadi fasilitas utama dalam penanganan virus korona (Covid-19). Gubernur Sultra Ali Mazi sudah menggagas swab covid-19 secara mandiri. Segala fasilitas dan operatornya telah diupayakan dan dikirim ke Sultra. Alat dukungan cartridge yang berfungsi membaca hasil pemeriksaan dan modul sebagai buku panduan telah dikirim ke Sultra.

“Kini alat itu dalam perjalanan ke Kendari. Saat alat tersebut dan tenaga operasional telah sampai di Kendari, kita harapkan penanganganan covid-19 bisa kita lakukan dengan cepat,” ujar Ali Mazi kepada Kendari Pos, Selasa (5/5) kemarin.

Gubernur Sultra Ali Mazi meyakini dalam waktu dekat swab secara mandiri dapat dilakukan di Sultra. Ali Mazi menuturkan dirinya telah berusaha bergerak cepat, namun OPD-nya tidak bisa mengikuti ritme langkahnya. “Sedari awal, Rumah Sakit (RS) Bahteramas telah menjadi RS rujukan nasional. Sesungguhnya kita memiliki labolatorium dan bisa digunakan untuk penanganan covid-19. Dinas Kesehatan dan Direktur Bahteramas tidak melaporkan. Andai saya tahu dari awal, kita bisa antisipasi covid-19 ini lebih cepat. Namun informasi itu tidak sampai kepada saya. Saya tidak tahu apa alasannya. Jika dari awal kita kelola labolatorium tersebut dengan baik, kita tidak perlu ke Jakarta atau ke Makassar,” ungkap Ali Mazi sembari menambahkan labolatorium tersebut tinggal diisi peralatan medis yang dibutuhkan.

Sementara itu, Pj.Sekprov Sultra, terkait dengan, uji swab mandiri yang akan dilakukan di RS Bahteramas, Direktur Politik dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini pun mengungkapkan hal itu menjadi komitmen keseriusan gubernur untuk percepatan penanganan covid-19. “Kini kita tinggal menunggu alat PCR dan PCM dari Jakarta. Alat cartridge yang berfungsi membaca hasil pemeriksaan dan modul kini dalam perjalanan ke Kendari. Setelah itu sampai, dalam waktu dekat kita sudah bisa lakukan uji swab sendiri,” katanya.

Tidak hanya mendatangkan alat uji swab mandiri, Pemprov Sultra pun memberikan bantuan langsung ke RS daerah rujukan dalam bentuk tunai. “Setidaknya kita berikan dana sebesar Rp 1 miliar untuk enam RS rujukan dan Rp 500 juta untuk RS non rujukan. Kita harap bantuan itu, bisa mengurangi beban dan menjadi stimulus bagi daerah dalam penanganan covid-19,” pungkasnya. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy