Ali Mazi dan Sulkarnain Tinjau Progres Jembatan Teluk : Progres 91 Persen, Target Tuntas Agustus – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Ali Mazi dan Sulkarnain Tinjau Progres Jembatan Teluk : Progres 91 Persen, Target Tuntas Agustus

Gubernur Sultra, Ali Mazi (tengah), Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (dua dari kiri), Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae (empat dari kanan), dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh (empat dari kiri) disela-sela peninjauan progres pembangunan Jembatan Teluk, Jumat (15/5).

KENDARIPOS.CO.ID — Semangat kerja Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir tak pernah surut. Dua pemimpin daerah beda level itu meluangkan waktu meninjau progres pembangunan Jembatan Teluk. Melihat kemegahan jembatan yang semula bernama jembatan Bahteramas, Gubernur Ali Mazi terpukau. Eksistensi jembatan Teluk diyakini akan menjadi penopang utama potensi ekonomi masyarakat.

Progres jembatan kini mencapai 91 persen dan ditargetkan rampung sekira bulan Agustus nanti. Dalam kesempatan itu, Ali Mazi meminta pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari sebagai penanggujawab pengerjaan jembatan dapat merampungkan pekerjaan sesuai target. “Katanya selesai bulan Agustus kita harapkan itu bisa terwujud. Meski ada musibah wabah Covid-19, saya harap semua bisa bekerja sesuai target. Dan semua ini demi kemajuan daerah,” tegas Ali Mazi kepada Kepala BPJN XXI Kendari, Yohanis Tulak Todingrara saat meninjau progres proyek Jembatan Teluk, Jumat (15/5) kemarin.

Di hadapan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh dan Forkopimda Sultra, Ali Mazi tak kuasa membendung rasa bangganya. Sebab, jembatan yang menghubungkan kawasan Kota Lama dan Bungkutoko sepanjang 1,3 kilometer itu akan menjadi simbol kebanggaan masyarakat Sultra. Masyarakat akan mendapatkan manfaatnya pula. “Manfaat yang paling dirasakan adalah potensi ekonomi akan berkembang. Akan ada banyak kegiatan dengan potensi ekonomi tinggi yang dilakukan di sekitar jembatan ini ke depan. Selain itu, Jembatan Teluk mendekatkan rentang kendali antara Kecamatan Abeli dan Kecamatan Kendari,” tutur Ali Mazi.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengajak masyarakat untuk merawat Jembatan Teluk. “Ini adalah milik masyarakat. Jadi untuk bisa bertahan lama, mari kita jaga bersama-sama. Ada banyak keuntungan yang diraih oleh masyarakat dengan adanya jembatan ini. Silakan berkreasi, pemerintah pasti akan mendukung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJN XXI Kendari, Yohanis Tulak Todingrara mengatakan progres pengerjaan jembatan terpanjang di Sultra itu sudah mencapai 91 persen. Proses pengerjaan saat ini sedikit terganggu karena adanya wabah Covid-19. “Sudah 91 persen progresnya. Adanya wabah Covid-19 ini tentu berpengaruh juga kepada progres pekerjaan,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae menegaskan keoptimisannya jembatan itu tuntas sesuai target. Mantan Bupati Muna dua periode itu mengapresiasi dukungan pemerintah daerah terhadap pembangunan jembatan Teluk Kendari. “Sebentar lagi pembangunan ini bisa kita rasakan dan nikmati bersama. Kita tahu, setiap pembangunan yang dilakukan pasti akan mendapatkan kendala, seperti pembangunan Jembatan Teluk Kendari ini. Namun, kendala itu kini telah teratasi dan diperkirakan Agustus nanti sudah selesai,” kata Ridwan Bae.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan kawasan Jembatan Teluk Kendari. Menurutnya, Jembatan sepanjang 1,34 kilometer itu berpotensi menjadi kawasan wisata baru di Kota Kendari. “Ini merupakan impian buat seluruh masyarakat Sultra. Saya kira dengan rampungnya pembangunan jembaran Teluk Kendari ini menambah ikon baru daerah. Saya yakin jika dikelola dengan baik dan profesional maka akan mendatangkan benefit bagi daerah,” kata Sulkarnain.

Oleh karena itu, Sulkarnain mengaku siap melakukan pengembangan kawasan jembatan jika ditunjuk Pemerintah Provinsi Sultra. Sejumlah konsep mengemas kawasan jembatan agar lebih menjadi indah dan dapat menstimulasi kunjungan wisatawan lokal. “Jembatan ini wawenang Pemprov. Jika kami dipercayakan untuk ambil peran tentu kami siap,” kata Sulkarnain.

Politisi PKS ini mengaku sudah menyiapkan berbagai ide untuk memoles kawasan jembatan menjadi destinasi baru yakni dengan menginstruksikan Dinas PUPR, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan untuk membuat desain pengelolaan jembatan yang kemudian akan diajukan ke Pemprov. (yog/ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy