Aktivitas PT TIP di Konawe Utara Cemari Pemukiman Warga – Kendari Pos
Konawe Utara

Aktivitas PT TIP di Konawe Utara Cemari Pemukiman Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Desa Andeo, Kecamatan Lasolo menyoroti keberadaan dan aktivitas PT Teratai Inti Perkasa (TIP) yang beroperasi di wilayah itu. Hujan yang mengguyur wilayah Konawe Utara (Konut) sehari sebelumnya, membuat kupasan tanah tambang mencemari kepemukiman warga. Keresahan itu disampaikan warga Desa Andeo, Kecamatan Lasolo, Supriadin. “Selama PT TIP beroperasi di kampung kami, hanya memberikan dampak negatif, bukan memberikan positif,” kesal Supriadin, Senin (4/5).

Sedimen tanah tambang tak hanya mengotori rumah warga dan fasilitas umum. Drainase mengalami penyumbatan akibat rembesan tanah tambang hingga ke badan jalan. “Sebelum adanya perusahaan tambang C itu, kondisinya tidak seperti ini. Sejak beroperasi PT TIP, kondisi lingkungan rusak, hingga membanjiri pemukiman warga,” sorotnya, mewakili warga lainnya.

Dampak aktivitas PT TIP di Desa Andeo, Kecamatan Lasolo membuat pemukiman dan Puskesmas dicemari lumpur dan kerikil bila hujan tiba.

Tak hanya itu, dimusim kemarau debu beterbangan juga sebagai bias aktivitas PT TIP. Tak jauh dari konsesinya, terdapat fasilitas umum seperti Puskesmas, masjid dan balai desa kini menjadi bulan-bulanan pencemaran tambang di musim hujan. “Sedimentasi lumpur bercampur pasir dan kerikil menimbun badan jalan hingga pemukiman warga. Penyebabnya, kupasan tanah diareal konsesi tak mengindahkan kaidah lingkungan,” kritik Supriadin lafi.

Yang lebih memiriskan, tenaga kerja PT TIP lebih didominasi warga dari luar Konut. “Perusahaan juga tidak merekrut tenaga kerja lokal. Kalau pun ada hanya dua orang saja,” sambungnya. Sementara itu Koordinator PT TIP, Erwin yang dikonfirmasi berulang kali, enggan memberi respon atas sorotan warga itu. Bahkan pesan singkat yang dikirim hanya dibaca saja, tanpa memberi jawaban. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy