Akses Jalan Rumah Adat di Kolut Dikerja Tahun Depan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Akses Jalan Rumah Adat di Kolut Dikerja Tahun Depan

Rumah Adat Patowonua tuntas dikerjakan. Sayangnya, akses jalan menuju ikon budaya di Kolut itu belum ada. Pemkab baru merencanakan pembangunan jalur transportasi tersebut pada tahun 2021 mendatang.


KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan Rumah Adat Patowonua di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah tuntas dikerjakan sejak beberapa bulan lalu. Ikon yang menjadi kebanggaan perpaduan empat Mokole Pribumi di daratan gerbang utara Sulawesi Tenggara (Sultra) itu telah berdiri kokoh menghadap Teluk Bone. Hanya saja, rumah adat yang berjarak sekitar 400 meter dari lokasi objek wisata Pantai Berova Lasusua itu belum memiliki akses jalan. Pemkab Kolut telah memproyeksi pada tahun 2021 mendatang akan merealisasikan pengerjaan jalur tersebut.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, menjamin, akses jalan pasti dikerja pada tahun depan secara bertahap. Langkah awal akan dibuatkan tanggul pada sepanjang pesisir pantai. “Tanggul beton berbentuk cincin dan diikuti penimbunan serta pembetonan lintasan,” jelas Nur Rahman, kemarin. Estimasi pembiayaan untuk menyelesaikan jalan itu sekitar Rp 1,5 miliar. Tak hanya itu, Pemkab Kolut juga akan memperluas lahan dengan melakukan penimbunan ke arah Teluk Bone sepanjang 30 meter.

Kawasan itu memang dirancang sebagai zona kegiatan kebudayaan (taman budaya). Warga akan menikmati empat hal saat berkunjung ke tempat itu selain nilai edukatif, permainan anak, wisata alam dan juga kuliner. “Jadi bukan sekadar belajar budaya tetapi bermain untuk anak-anak usia dini hingga berwisata,” jelas Kolut-1 itu.

Secara umum kawasan itu menjadi identitas suku Tolaki di Bumi Patowonua. Akan tetapi juga bakal tersedia stand beberapa suku yang bisa ambil bagian dalam momen-momen kebudayaan lainnya. Suku Tolaki diharapkan menjadi barometer keharmonisan antar etnis di Kolut. “Berbeda pasti iya, tetapi bersatu itulah yang utama. Orang tahu dari dulu persatuan di Kolut kuat dan itulah hingga sekarang damai dan tidak mudah dipecah belah, bahkan saling mendukung,” salut Nur Rahman. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy