99 Pegawai BPOM Kendari Ikut Rapid Test – Kendari Pos
Metro Kendari

99 Pegawai BPOM Kendari Ikut Rapid Test

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, sejumlah OPD maupun lembaga mulai gencar melakukan rapid test. Kemarin, giliran Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kendari. Yang menarik, Penyediaan alat rapid test dilakukan BPOM secara mandiri. “Alhamdulillah, rapid test bisa dilakukan. Totalnya ada 99 pegawai baik ASN maupun honorer yang diambil sampel darahnya. Dalam kegiatan ini, kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sultra,” kata Firdaus Umar, Kepala BPOM Kendari.

Uji sampel darah ini lanjutnya, merupakan arahan dari pusat bagi seluruh pegawai BPOM. Untuk penyediaan alatnya disiapkan secara mandiri. BPOM hanya meminta Dinkes menfasilitasi petugas kesehatan membantu dalam melakukan rapid test. Upaya ini adalah tracking awal agar untuk memastikan adanya hasil rapid test yang reaktif. “Kalau ada kita bisa tahu lebih dini yah, lebih cepat lebih baik. Jadi ini sebagai langkah awal kita mentracking apakah ada dari karyawan kita ada reaktif atau tidak. Jadi bukan karena ada kayrawan kita yang dicurigai, tapi memang satu arahan dari BPOM pusat,” ungkapnya, Selasa (12/5).

Kepala BPOM Kendari, Firdaus Umar (berdiri batik coklat) bersama Kepala Dinas Kesehatan, dr Hasnah (berdiri baju coklat) memantau pelaksanaan rapid test di kantor BPOM Kendari.

Kepala Dinkes Sultra, dr Hasnah mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPOM dalam rangka mempercepat penanganan penanggulangan Covid-19. Apalagi BPOM menyiapkan alat sendiri. Seperti diketahui, alat rapid test semakin terbatas. “Itupun karena ada protokol kesehatan yang harus diutamakan dalam penanganan rapid test. Hanya tenaga kesehatan yang melayani pasien rapid test dan untuk pasien yang ODP, PDP ini yang paling utama kita periksakan rapid test. Kalaupun nanti ada yang minta, kami harapkan juga bisa mandiri alatnya seperti BPOM ini,” ujarnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy