85 Rumah Warga Sukamaju Buton Dilengkapi Tempat Cuci Tangan – Kendari Pos
Buton

85 Rumah Warga Sukamaju Buton Dilengkapi Tempat Cuci Tangan

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Desa Suka Maju, Kecamatan Wolowa, Buton menerapkan sejumlah cara pencegahan dan menangkal virus corona masuk di wilayahnya. Pemerintah Desa (Pemdes) setempat bahkan sudah melengkapi setiap rumah warga dengan wadah cuci tangan, lengkap dengan sabunnya. Bukan hanya itu, warga juga dibagikan masker gratis untuk digunakan saat beraktivitas di luar rumah. Kepala Desa Sukamaju, La Heru, mengatakan pihaknya sudah merefocusing anggaran alokasi dana desa (ADD) untuk keperluan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Berbagai upaya telah dilakukan mulai dari penyemprotan disinfektan ke rumah warga dan tempat umum hingga pemberian fasilitas kebersihan pada warganya. Di Desa Sukamaju dihuni 111 Kepala Keluarga (KK). Namun Pemdes hanya membagikan sebanyak 85 unit tempat cuci tangan. Sebab, hanya ada 85 unit rumah di sana. ” Karena ada beberapa rumah yang ditinggali oleh lebih dari 1 KK. Totalnya yang tersalurkan hanya 85 rumah saja,” tambahnya.

Desa Sukamaju juga sudah menyiapkan Posko khusus untuk pemeriksaan suhu tubuh bagi masyarakat yang beraktivitas keluar masuk desa. “Pendataan terhadap warga yang baru tiba dari luar daerah pun kita lakukan. Kalaupun ada arahan untuk karantina mandiri selama 14 hari harus dilakukan,” tegasnya.

Ilustrasi

Di tempat yang sama, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Sukamaju, Brigadir Abdul Kadir, mengapresiasi inisiatif Pemdes. Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi apa yang menjadi anjuran pemerintah. “Kami mengapresiasi Pemdes yang sudah memberikan apa yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini. Kepada masyarakat tolong maskernya dipakai, karena itu penting untuk pencegahan,” katanya. Harapan senada juga dilontarkan Bintara Pembina Desa (Babinsa), Serda Sardiman Bobo. “Pemerintah sudah berbuat banyak. Jadi masyarakat harus mendukung ini agar pandemi segera berakhir,” ungkapnya.(b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy