800 KK di Kolaka tak Layak Terima BLT Kemensos – Kendari Pos
Kolaka

800 KK di Kolaka tak Layak Terima BLT Kemensos


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) terus berupaya meringankan beban warga miskin yang terdampak wabah Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan tersebut telah disalurkan ke sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Kolaka. Sayangnya, dari 10.400 kepala keluarga (KK) yang mendapat BLT Kemensos, sekitar 800 diantaranya dinilai sudah tidak layak menerima bantuan tersebut.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Darwis, mengungkapkan, 10.400 nama-nama penerima bantuan BLT Kemensos telah ditetapkan berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial. Namun, setelah menerima laporan dari Pemerintah Desa dan Kelurahan, pihaknya menemukan adanya 800 penerima BLT Kemensos yang tak layak menerima bantuan. “Karena ekonominya sudah membaik, ada yang jadi PNS dan karyawan BUMN. Selain itu, ada juga yang sudah tidak layak karena telah mendapatkan bantuan sosial lain seperti BLT Dana Desa,” ungkapnya, kemarin.

Darwis mengatakan, adanya nama warga tersebut karena Kemensos masih menggunakan data lama. Padahal pihaknya sudah mengirimkan data warga terbaru. “Yang digunakan Kemensos ini adalah data tahun 2007 dan 2011. Padahal kami sudah mengirimkan data terbaru pada tahun 2018 lalu. Tapi waktu itu kami antar secara manual karena banyaknya data maka sistem yang ada di Kemensos tidak bisa memuat,” jelasnya.

Agar BLT Kemensos tersebut tidak diberikan kepada 800 penerima tersebut, kata Darwis pihaknya berkoordinasi dengan Kantor Pos dan sejumlah bank tempat penerimaan bantuan tersebut. “Agar pihak lembaga itu tidak memberikan pada 800-an nama tersebut walaupun mereka memiliki kartu. Ini juga sudah kami sampaikan ke Kemensos untuk ditindaklanjuti,” ujarnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy