4.051 KK di Mubar Terima BLT Kemensos – Kendari Pos
Muna Barat

4.051 KK di Mubar Terima BLT Kemensos

Laode Takari


KENDARIPOS.CO.ID — Kuota bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk Kabupaten Muna Barat (Mubar), tercatat sebanyak 4.051 penerima. Data yang akan diinput itu, kata Kepala Dinas Sosial Mubar, Laode Takari, harus masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), di luar penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan Sembako.

“Sebab bantuan langsung tunai (BLT) dari Kemensos ini adalah jaring pengaman sosial akibat penyebaran pandemi Covid-19 yang memutus mata pencarian masyarakat,” kata Laode Takari, kemarin. Menurutnya, sampai saat ini data penerima BLT telah dikirim ke Kemensos untuk divalidasi mendapatkan BLT itu.

“Data tahap kedua yang kita kirim, belum ada balasan. Tahap pertama yang valid itu baru sekitar 2.182. Kendala dalam penginputan data ke Kemensos itu karena masalah jaringan,”ungkapnya. Meski begitu kata Takari, secara administrasi, Mubar masuk ranking 51 dari 180 kabupaten pada Wilayah III dalam menginput data tersebut.

“Saat ini yang sudah mendapatkan BLT Kemensos di Mubar sudah sekitar 400 KK lebih. Itu sudah masuk di rekening masing-masing sebesar Rp 600 ribu dan besarannya sama dengan BLT-DD, juga selama tiga bulan,”ujarnya. Untuk diketahui, jumlah penerima PKH di Mubar sebanyak 4.729 KK, penerima bantuan Sembako 8.587 KK. Data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) tahun 2020 menginput penerima sebanyak 14.085 KK. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy