3.000 Warga Kolut Terpantau Mudik – Kendari Pos
Kolaka Utara

3.000 Warga Kolut Terpantau Mudik

Pemudik yang melakukan pemeriksaan suhu badan beberapa waktu lalu.


KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang terpantau melakukan perjalanan mudik saat Idul Fitri lalu, mencapai 3.000 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.00 sifatnya sementara, atau melakukan aktivitas keluar masuk wilayah. Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, menjelaskan, data tersebut diambil berdasarkan jumlah surat pernyataan isolasi diri dalam kurun waktu 14 hari yang dikeluarkan hingga hari “H” Idul Fitri.

Dikemukakan, dari 3.000-an pemudik, tercatat sebanyak 200 diantaranya dari kalangan pelajar yang menempuh pendidikan di luar daerah. “Kalau pantauan sehari-hari di lapangan sangat kurang, dan melintas satu per satu. Jadi tidak begitu nampak. Namun sepanjang pengawasan kami total sekitar 3.000-an,” rincinya, kemarin. Jalur darat dominan ditempuh pemudik baik dari arah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan dari arah Kolaka. Sepanjang pengawasan, pihaknya menugaskan 19 staf memantau di perbatasan. “Jadi kunci sebenarnya itu di desa-desa. Warganya isolasi atau tidak, aparatnya harus proaktif memantau. Kalau memang dari luar, harus dilarang keluar dulu. Tetapi kita bersyukur karena tidak ada tambahan klaster baru,” tutur Junus.

Diketahui, pada dua posko perbatasan Kolaka di Tamborasi dan di Kecamatan Wawo, Kolut, jalan masih diawasi petugas TNI-Polri, Dishub, Pol PP hingga BPBD. Di perbatasan juga terdapat posko Polres Kolut dalam rangka Operasi Ketupat memantau arus mudik dan balik Ramadan 1441 H. Meski begitu, sepanjang jalur Trans Sulawesi terpantau lengang. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy