2021, Konstruksi Pelabuhan Tobaku Kolut Berubah – Kendari Pos
Kolaka Utara

2021, Konstruksi Pelabuhan Tobaku Kolut Berubah

Pelabuhan Tobaku


KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pengembangan Pelabuhan Tobaku di Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) diagendakan pada tahun 2021 mendatang. Estimasi anggaran diperkirakan menghabiskan biaya Rp 150 miliar dengan masa kerja dua tahun berjalan. Kadis Perhubungan Kolut, Ir. Junus, menjelaskan agenda pekerjaan pembangunan pelabuhan itu sesuai informasi dari pihak Balai Transportasi Darat Kendari. Soal studi kelayakan rencana induk pengembangan (RIP), sejak awal telah dituntaskan dan tinggal pengerjaan fisiknya saja.

“Paling lambat April tahun depan dimulai sesuai jadwal tender,” ujar Junus, Senin (18/5). Pembangunan dermaga tempat berlabuh sementara telah selesai dikerja. Kapal yang bersandar akan dialihkan ke tempat itu sambil pengerjaan dermaga induk dituntaskan. “Termasuk terminalnya diperbaharui. Kendaraan bisa parkir masih di tempat itu meski pengerjaan berlangsung,” tuturnya.
Perubahan total Pelabuhan Tobaku sebelumnya direncanakan tahun ini. Sayangnya terhambah karena penyusuaian berkas dan ketersediaan anggaran yang harus disetujui Pemerintah Pusat.

Segala proses tindak lanjut selepas dari pihaknya ditangani pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra. “Istilahnya dirombak total mulai dari dermaga, fasilitas penunjang hingga terminal diperbaharui semua sesuai master plant pembangunan,” pungkas Junus. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy