134 Warga Sultra Sakit Malaria, Kendari Terbanyak – Kendari Pos
Metro Kendari

134 Warga Sultra Sakit Malaria, Kendari Terbanyak

KENDAIPOS.CO.ID — Kendati 10 daerah di Sultra telah mendapatkan sertifikat elimasi, namun bukan berarti Bumi Anoa telah terbebas dari penyakit malaria. Hingga bulan April ini, sebanyak 134 pasien malaria yang mendapat perawatan. Kendari tercatat kasus terbanyak disusul Muna, Baubau dan Buton Selatan (Busel). Namun dibandingkan priode yang sama tahun lalu, jumlah kasus mengalami penurunan. Plt Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Sultra, dr Andi Hasnah mengakui kasus malaria masih ada di Sultra. Namun jumlahnya terus menurun tiap tahunnya. Tahun 2019, tercatat 811 kasus pasien malaria. Pada periode Januari-April hanya 134 kasus. Makanya, 10 daerah telah mendapatkan sertifikat eliminasi. Pasalnya, Pemda berhasil menekan kasus penularan malaria selama tiga tahun terakhir.

“Indikator penilaiannya berdasarkan annual parasite incidence (API) dan Slide Positif Rate (SPR). Yang mana, jumlah penderitanya kurang dari 1 per 1000 penduduk serta penderita klinis malaria di bawah 5 persen sebagaimana hasil pemeriksaan,” jelasnya. Proses penilaiannya sambungnya, tak hanya melibatkan tim assesment dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), namun juga perwakilan dari World Health Organization (WHO) dan konsultan kesehatan. Pemprov Sultra menargetkan seluruh daerah di Sultra bisa mengantongi sertifikat eliminasi tahun 2025.

Upaya penghentian penularan malaria tidak hanya di wilayah geografi, tapi juga kasus malaria impor. Untuk itulah, perlu kewaspadaan. Selain menangani virus corona, Dinkes maupun RS dan Puskesmas di Sultra tetap melakukan surveilans malaria, penemuan penderita, diagnosa dan pengobatan. Protokol pencegahannya disesuaikan dengan situasi pandemi COVID-19. “Dengan terselenggaranya pertemuan virtual penanggulangan malaria dalam situasi pandemi COVID-19 diharapkan dapat meningkatkan komitmen untuk mengeliminasi malaria agar masyarakat Sultra bisa sepenuhnya terbebas dari malaria,” pungkasnya. (b/rah)

Kasus Pasien Malaria 2020
Kabupaten/Kota Kasus
Buton 8
Muna 18
Konawe 4
Kolaka 10
Konawe Selatan 9
Bombana 1
Wakatobi 4
Kolaka Utara 6
Buton Utara 3
Kolaka Timur 5
Muna Barat 3
Buton Tengah 10
Buton Selatan 14
Kendari 25
Baubau 14

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy