13 Orang Reaktif Hasil Rapid Test di Kolaka : 8 Tenaga Medis, 5 Warga – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

13 Orang Reaktif Hasil Rapid Test di Kolaka : 8 Tenaga Medis, 5 Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka menggelar rapid test di 14 puskesmas yang ada di Bumi Mekongga. Dari seribu lebih alat rapid test covid-19 yang digunakan, 13 diantaranya hasilnya reaktif (positif).

“13 orang yang dinyatakan reaktif itu tersebar di berbagai kecamatan yaitu Kolaka empat orang, Pomalaa empat orang, Wundulako dua orang, serta Latambaga, Samuturu, dan Iwoimendaa masing-masing satu orang,” ungkap Juru Bicara Percepatan Penanggulang Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr M Aris saat menggelar konfrensi pers, Sabtu (9/5/2020) sore.

dr Aris mengungkapkan, delapan dari 13 orang yang dinyatakan reaktif tersebut berprofesi sebagai tenaga medis. Dimana para petugas kesehatan tersebut bekerja di Pusksesmas. “Bisa jadi itu disebabkan¬†dari pasien atau orang yang berkunjung,” katanya.

Meskipun menunjukkan reaktif saat rapid test, dr Aris menegaskan bahwa 13 warga tersebut belum dapat dipastikan positif terinfeksi virus covid-19. Sebab, untuk memastikan hal tersebut maka harus melalui uji swab.

Ia menjelaskan, rapid test bertujuan untuk menentukan titik-titik mana yang bisa dimulai dalam rangka pencegahan covid-19. Artinya reaktif itu tidak serta-merta dinyatakan positif. “Nanti yang menentukan adalah hasil swab nya. 10 dari 13 orang yang reaktif itu telah dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya akan dikirim ke Makassar. Adapun hasil swab tersebut paling cepat dapat diketahui pada 3-4 hari mendatang,” jelasnya.

Dengan adanya 13 warga yang dinyatakan reaktif rapid test tersebut, dr Aris mengimbau kepada seluruh warga yang ada di Kabupaten Kolaka untuk tidak memberikan perlakuan yang berlebihan kepada warga yang reaktif rapid test tersebut.

“Mari memperlakukan saudara kita yang reaktif ini bukan sebagai manusia yang membahayakan. Cukup kita lakukan upaya pencegahan yang selama ini kita lakukan seperti tidak keluar rumah kalau tidak penting, menggunakan masker jika terpaksa keluar, jaga jarak, cuci tangan dan lain sebagainya,” ujarnya. (fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy