100 Unit Rumah Transmigrasi di Muna Batal Dibangun – Kendari Pos
Muna

100 Unit Rumah Transmigrasi di Muna Batal Dibangun

Fajaruddin Wunanto


KENDAIRPOS.CO.ID — Proyek perumahan transmigrasi di kawasan Muna Timur Raya (Mutiara) senilai Rp 8 miliar ikut mengalami refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19. Praktis, 100 unit rumah di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Raimuna, Kecamatan Maligano batal dibangun tahun ini. Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Muna, Fajaruddin Wunanto, menerangkan, pembatalan proyek perumahan transmigrasi tersebut dilakukan setelah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi harus merealokasi sejumlah pos anggaran pembangunan fisik menjadi dana mitigasi. Padahal pekerjaan fisik perumahan sudah dimulai.

“Sebenarnya kita berharap tidak dibatalkan karena fisiknya sudah dimulai. Hanya saja, Kementerian punya kebijakan lain,” paparnya, kemarin. Ia melanjutkan, seharusnya dana Rp 8 miliar tersebut antara lain digunakan untuk pembangunan fisik perumahan senilai Rp 6 miliar dan penataan sarana drainase, pembukaan lahan dan jaminan hidup sebesar Rp 2 miliar. Dalam dokumen kontrak, setiap unit rumah dianggarkan Rp 60 juta dengan konstruksi semi permanen. “Sebenarnya kalau tidak ada pandemi, selain dana itu, kami sudah perjuangan juga bantuan pelatihan kerja sebesar Rp 1 miliar,” jelasnya.

Fajar menguraikan, kawasan transmigrasi di Mutiara sebelumnya sudah ditetapkan sebagai lokasi percontohan nasional. Kawasan Mutiara tersebut meliputi lima kecamatan yakni Maligano, Batukara, Wakorumba Selatan, Pasikolaga dan Pasir Putih. Ada lima unit pemukiman transmigrasi, namun UPT Raimuna untuk sementara menjadi pilot project. Pada UPT yang terletak di Desa Raimuna tersebut, Kementerian telah menempatkan 180 kepala keluarga asal Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

“Harusnya kalau jadi tahun ini 100 unit, maka target 300 KK sudah terpenuhi. Karena 20 KK tambahan akan diakomodir di APBN Perubahan,” terangnya. Meski demikian, Fajar memastikan perumahan di kawasan Raimuna tersebut tetap akan dibangun pada tahun depan. Anggarannya akan kembali dimasukan dalam APBN 2021 mendatang. “Bahkan tidak akan lelang lagi, tinggal dilanjutkan saja,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy