100 Kelompok Peternak di Konawe Terima Bantuan Sapi Brahman – Kendari Pos
Konawe

100 Kelompok Peternak di Konawe Terima Bantuan Sapi Brahman

Jumrin

KENDARIPOS.CO.ID — Terobosan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe di sektor peternakan dengan program sejuta sapi, terus direalisasikan. Sejak dicanangkan pada awal tahun 2019 lalu, 100 kelompok peternak telah menerima bantuan sapi dari program tersebut. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe, Jumrin. S.Pt mengatakan, program sejuta sapi merupakan inovasi Pemkab sejak pemerintahan berada dalam kendali Bupati, Kery Saiful Konggoasa bersama Wakilnya, Gusli Topan Sabara.

Jumrin menyebut, pada tahun pertama 2019 lalu, pihaknya mengalokasikan Rp 25 miliar untuk mendatangkan 1.000 sapi jenis Brahman dari Pulau Jawa dan Provinsi Sulawesi Utara. “Sejak dijalankan pada awal 2019, kelompok peternak yang sudah mendapatkan bantuan sapi jumlahnya 100. Setiap kelompok mendapat 10 ekor sapi,” ujar Jumrin, kemarin.

Ia menambahkan, tahun 2020 ini, pihaknya kembali mengalokasikan anggaran hingga Rp 20 miliar untuk mendukung program sejuta sapi tersebut. Dengan begitu, ia berkeyakinan distribusi ternak tetap berlangsung. “Sarana prasarananya juga akan kita kembangkan. Termasuk penghijauan pangan ternak, tempat pengembalaan ataupun pencegahan penyakit,” ungkapnya.

Jumrin juga meminta, sapi Brahman yang sudah disalurkan ke kelompok peternak harus dipelihara dengan baik. Jangan sampai, sapi yang mampu mencapai bobot hingga satu ton itu dibiarkan tak terurus oleh penerimanya. “Kita berharap program ini tidak hanya meningkatkan kebutuhan pangan masyarakat. Akan tetapi, juga bisa menciptakan lapangan kerja dengan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan petani itu sendiri. Apalagi, Konawe dikenal memiliki potensi ternak yang besar dibanding daerah lain di Sultra,” bebernya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy