Zakat Fitrah Dibayar Awal Ramadan : Tertinggi Rp 38 Ribu, Terendah Rp 20 Ribu – Kendari Pos
Metro Kendari

Zakat Fitrah Dibayar Awal Ramadan : Tertinggi Rp 38 Ribu, Terendah Rp 20 Ribu

Abdul Rauf

KENDARIPOS.CO.ID — Meski bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah tersisa sepekan lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) sudah menetapkan besaran zakat fitrah yang wajib dibayarkan warga metro.

Hal ini merujuk instruksi Kementerian Agama (Kemenag). Berdasarkan SK Wali Kota nomor 342 tahun 2020, besaran zakat teringgi Rp tertinggi Rp 38 ribu perjiwa dan terendah Rp 20 Ribu.

Kabag Kesra Pemkot Kendari, Abdul Rauf mengaku sengaja mengumumkan besaran zakat fitrah Kota Kendari berdasarkan instruksi Kemenag yang mana menimbang kondisi penyebaran Virus Corona (COVID-19) saat ini.

“Pengumumannya dipercepat supaya masyarakat bisa tahu berapa kewajiban yang harus dia keluarkan. Pasca adanya instruksi tersebut kami langsung menggelar rapat kecil antara Baznaz, MUI, dan ormas islam lain. Bahkan kita langsung survey di delapan pasar di Kendari untuk menetapkan angka zakat fitrah tahun ini,” tuturnya.

Besaran zakat yang harus dibayarkan umat muslim lanjut Rauf, terdiri dari empat kelompok. Kelompok pertama adalah masyarakat yang mengkonsumsi beras kualitas terbaik (pandan wangi dan sejenisnya) sebagai makanan pokok, itu ditetapkan sebesar Rp 38 ribu per jiwa atau bisa diganti dengan beras sejenis sebanyak 3,5 liter per jiwa (lengkap lihat grafis).

“Ini kami tetapkan setelah ada musyawarah dari pemerintah, kemudian unsur Kemenag, Baznaz, MUI dan ormas-ormas islam yang ada di Kendari. Setelah didiskusikan, hasilnya kami serahkan ke pak wali. Beliaupun langsung meneken dan menerbitkan SK-nya,” ungkap Rauf.

Pembayarannya zakat lanjut Rauf, sudah bisa melaksanakannya per 1 Ramadan di seluruh amil zakat yang ada diseluruh masjid di Kota Kendari. ” Oleh karena itu saya sudah meminta para Amil Zakat, RT, RW dan Lurah untuk bekerjasama dalam menghimpun dan zakat nanti. Tujuannya agar penerimaannya bisa efektif begitupun saat pendiatribusiaannya agar lebih tepat sasaran atau kepada yang berhak menerimannya (fakir miskin),” tuturnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy