Warga Sumber Sari Buton Terapkan PHBS – Kendari Pos
Buton

Warga Sumber Sari Buton Terapkan PHBS


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Sari di Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton, bekerja sama dengan lembaga yang ada untuk melakukan pencegahan dini mewabahnya Covid-19. Salah satu yang dilakukan adalah dengan membuka pos pemantauan keluar masuknya warga di depan pintu masuk pemukiman Desa Sumber Sari. Kaur Perencanaan Desa Sumber Sari, Wardiman, menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan tandon air bersih, sabun pencuci tangan, serta cairan penyemprotan yang digunakan dalam pencegahan penyebaran virus corona tersebut.

“Selain pemantauan terhadap warga yang keluar masuk, kita juga melakukan penyemprotan terhadap kendaraan yang masuk ke pemukiman warga. Namun sebelumnya kita juga telah menyalurkan sabun ke tiap rumah warga,” ungkapnya, kemarin. Wardiman mengaku, bersama kelembagaan yang aktif di desa, pihaknya menerapkan piket bergilir di posko tersebut. “Dalam sehari melibatkan sembilan orang yang berjaga dan dibagi dalam tiga regu, masing-masing tiga untuk pagi, siang dan malam,” paparnya.

Kekompakan warga Desa Sumber Sari dalam penanganan pencegahan dini Covid-19 juga mendapat apresiasi dari Wardiman. Apalagi warganya telah menyiapkan air bersih serta sabun pencuci tangan di tiap rumah, sebagai bentuk perilaku dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). “Pemandangan ini terlihat dan diterapkan di tiap keluarga. Ini sudah menjadi langkah awal dalam pencegahan Covid-19. Hidup bersih dan sehat perlu kita terapkan dalam diri sendiri serta keluarga,” sambungnya. Wardiman mengungkapkan, anggaran yang timbul dari kegiatan tersebut diambil dari item pemberdayaan. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy