Warga Penerima Bantuan di Konawe Didata – Kendari Pos
Konawe

Warga Penerima Bantuan di Konawe Didata

Keni Yuga Permana


KENDARIPOS.CO.ID — Bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari anggaran dana desa (DD) akan segera disalurkan ke masyarakat. Penyaluran BLT itu menindaklanjuti surat edaran (SE) dari KemenDes-PDT nomor 8 tahun 2020 tentang penanganan Covid-19 dalam agenda padat karya tunai, serta surat edaran (SE) nomor 11 tahun 2020 tentang pendataan BLT. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konawe, Keni Yuga Permana, mengatakan, berdasarkan regulasi tersebut, desa yang menerima anggaran Rp 800 juta per tahun diharuskan mengalokasikan 15 persen dari total DD untuk anggaran penanganan Covid 19.

Sesuai instruksi itu pula, seluruh desa penerima DD di Konawe diminta untuk menyalurkan BLT di masing-masing wilayahnya. Makanya, BPMD Konawe sudah mengintruksikan kepada seluruh kepala desa mengalokasikan anggaran BLT tersebut melalui pembahasan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). BLT itu, nantinya, akan dibayarkan selama tiga bulan yang diperuntukkan bagi warga miskin, penderita penyakit kronis, serta karyawan yang sedang dirumahkan akibat terdampak Covid-19

“Pemerintah Desa saat ini mulai mendata masyarakatnya. Kita juga masih menunggu petunjuk teknis (juknis) pembayaran BLT. Asumsi nominal yang diterima per orang itu Rp 200 ribu sampai Rp 600 ribu. Insya Allah, kita mulai bayarkan di bulan April atau Mei ini,” ujar Keni Yuga Permana, Kamis (16/4).
Ia menambahkan, masyarakat calon penerima BLT yang didata Pemerintah Desa, nantinya akan dicocokkan dengan data Dinas Sosial (Dinsos) Konawe untuk menghindari terjadi tumpang tindih dengan penyaluran BLT dari Kemensos RI. Hasil seleksi nama-nama itu, sambungnya, kemudian akan dirangkum dan dituangkan dalam keputusan Bupati sebagai penerima BLT di tingkat desa.

“Penyaluran BLT ini untuk menormalkan ekonomi masyarakat di masa transisi Covid-19. Sehingga KemenDes-PDT dan Kementerian Keuangan RI berpendapat supaya setiap desa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan penanganan covid di wilayahnya,” ungkap Kepala BPMD Konawe itu. (c/adi)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy