Wanita Tangguh, Istiqomah dan Penuh Tanggung Jawab – Kendari Pos
Nasional

Wanita Tangguh, Istiqomah dan Penuh Tanggung Jawab

KENDARIPOS.CO.ID — 21 April menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia memperingati hari Kartini, mengenang jasa pahlawan perempuan yang memperjuangkan hak-hak kaum, termasuk dalam mengenyam pendidikan. Perjuangan Kartini membakar semangat perempuan untuk bisa mengenyam pendidikan dan kini membuahkan hasil sangat positif. Wanita Indonesia saat ini bahkan bisa menduduki posisi sebagai wakil rakyat di Parlemen negara (DPR RI).

Khusus di Sulawesi Tenggara (Sultra), perjuangan dan semangat Kartini diperlihatkan Dra. Hj Tina Nur Alam, MM. Istri mantan Gubernur Sultra, H. Nur Alam. Meski ditengah musibah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, wanita kelahiran Kendari 23 Maret 1964 ini tetap menjalankan semua tugas-tugasnya baik sebagai seorang legislator atau pun dalam status ibu rumah tangga. “Meskipun saat ini sedang dalam pembatasan aktivitas karena wabah Covid, aktivitas masih berjalan seperti biasa walau di rumah saja. Semua tugas-tugas negara tetap berjalan, rapat virtual atau komunikasi via pesan dan telepon. Semua tetap berjalan seperti biasa,” ungkapnya.

Sebagai Wakil Rakyat yang duduk di Parlemen Senayan, Tina memiliki amanah untuk menyuarakan aspirasi masyarakat tempat daerah dirinya terpilih, yakni Sultra. Kebutuhan masyarakat tetap menjadi pantauannya, apalagi ditengah wabah yang melanda provinsi, khususnya Kota Kendari, Konawe dan Muna yang sudah menjadi daerah terdampak paling banyak. “Saya pantau semua. Apa yang menjadi keinginan masyarakat sebisa mungkin akan tetap saya suarakan untuk bisa terakomodir,” komitmennya.

Pembatasan kerja, diungkapkan oleh Politikus NasDem ini bukan sesuatu yang sulit baginya untuk menjalankan amanah sebagai wakil rakyat. “Tidak ada bedanya seperti hari biasa, hanya saja sekarang dibatasi, tidak bertemu langsung. Namun semua bisa kita kerjakan dengan perkembangan teknologi. Selain itu, langkah dan kebijakan pemerintah tersebut juga merupakan solusi terbaik yang sudah dipikirkan guna keselamatan seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya di Sultra,” jelasnya.

Di hari Kartini ini juga menjadi insipirasi sendiri bagi dirinya. Kodrat sebagai perempuan harus mampu memiliki karya, bermanfat bagi banyak orang, memiliki kreativitas dan mampu berinovasi. Menurutnya juga, perempuan harus bisa menyetarakan diri dengan laki-laki dalam hal yang lebih spesifik, seperti terlibat dalam pembangunan, politik, ataupun pemberdayaan ekonomi. “Tetapi tidak boleh lupa kodratnya sebagai perempuan. Tetap harus memiliki daya saing, cerdas, dan berwawasan luas,” tegasnya.

Kerja 24 jam, bahkan terkadang harus mengorbankan keluarga tetap dilakoni demi membangun Sultra sebagai Anggota DPR RI. Amanah masyarakat menurutnya adalah sesuatu yang sakral baginya. “Saya sudah dipercaya untuk mewakili rakyat Sultra di DPR RI. Saya tidak ingin menyia-nyiakan apa yang sudah dipercayakan masyarakat Sultra kepada saya. Saya akan terus berupaya semaksimal mungkin, merealisasikan aspirasi, khususnya aspirasi masyarakat yang terdampak akibat wabah corona kali ini,” tutur Tina.

Meski tetap harus berdiam di Jakarta, namun penyaluran kebutuhan dalam bentuk bantuan tetap diberikan melalui tim-timnya yang berada di Sultra. “Meski belum seberapa, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat termasuk para tenaga medis, kita upayakan dapat terpenuhi. Kita harap kedepan, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat termasuk tenaga medis, bisa kita perjuangkan untuk dapat terpenuhi,” pungkasnya. (b/yog/adv)

Wanita Tangguh, Istiqomah dan Penuh Tanggung Jawab

Sukses berkarir dibidang politik dan menduduki jabatan sebagai Anggota DPR RI, tak lantas membuat Tina Nur Alam lupa akan kodratnya sebagai ibu rumah tangga. Tugas melayani suami dan juga anak-anak tentu bukan hal mudah untuk dilakoni. Meski terasa berat, dengan sabar dan keikhlasan Tina Nur Alam bisa menjalani semua itu dengan baik dan tentunya mendapatkan dukungan penuh dari keluarga.
Lakon Tina dikehidupan pribadi dan lingkungan sosial bagai Kartini.

Tugasnya sebagai anggota DPR RI menyita banyak sekali waktu. Sesekali ia merasa sedih karena waktu untuk bersama keluarga harus tersita demi menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat. “Sedihnya kita kerja sampai tengah malam. Bahkan, saat keluarga atau anak sakit, tidak bisa saya mendampingi secara utuh,” kisahnya. Meski begitu, dengan tugas segudang sebagai wakil rakyat, tak lantas tanggung jawab sebagai ibu untuk ikut mendidik sang buah hati diabaikan. Keterbukaan serta pola komunikasi intens adalah kunci keberhasilannya mendidik sang buah hati. Terbukti sang anak sulung Sitya Giona Nur Alam berhasil meraih gelar B.Com (sarjana perdagangan) di Curtin University Singapore. Anak kedua H. Muhammad Radhan Al Gindo Nur Alam juga berhasil melanjutkan studinya ke Universitas Trisakti, Program Studi Ilmu Hukum. Bahkan, keberhasilan pola komunikasi Tina dalam mendidik sang buah hati mengantarkan si bungsu untuk kuliah di University of Nottingham, Inggris mengambil jurusan ekonomi/bisnis.

Namun, ternyata, Tina Nur Alam tetaplah seorang wanita yang terkadang kesedihan tak bisa disembunyikan. Selain beban menjadi legislator dan ibu rumah tangga, kini dengan tidak bisa hadirnya sang suami disisi keluarga, menjadi beban tambahan tersendiri baginya. Ia bahkan tak kuasa menahan air mata saat sang suami disinggung. Tetapi, hal tersebut dan menyurutkan semangat dirnya untuk menjalani realita yang telah digariskan oleh sang illahi. “Ini bukan musibah, tapi ini relita yang harus saya jalani,” ungkap Tina sambil meneteskan air mata.

Cucu, anak dan keluarga menjadi semangat Tina dalam menjalani hari-harinya. Ia pun mengakui, Tuhan memiliki cara tersendiri untuk melihat hambanya tetap istiqomah. “Kadang, kesulitan harus singgah dalam hidup seseorang, itu agar setiap orang bisa merasakan kebahagiaan yang sempurna. Terkadang apa yang direncanakan Tuhan itu berbeda dengan apa yang kita harapkan. Tetapi yakinlah, apa yang telah Tuhan tuliskan, itulah yang terbaik untuk kita,” bijak Tina. (b/yog/cok/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy