Wali Kota Kendari Tunda Pembayaran Pajak UMKM – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari Tunda Pembayaran Pajak UMKM

KENDARIPOS.CO.ID — Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini boleh bernapas lega. Kini mereka tak perlu khawatir bakal dikenakan denda dan sanksi. Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah memberi keringanan dengan menunda sementara pembayaran pajak bagi pelaku UMKM.

“Untuk meringankan UMKM, kami berikan keringanan untuk bisa melakukan penundaan pembayaran pajak sampai kemudian mereka nanti ada kelonggaran dan sudah bisa menyelesaikan kewajibannya. Penundaan ini juga disertai dengan kebebasan denda,” kata Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain kemarin.

Penundaan pembayaran pajak dimaksud lanjut Sulkarnain, adalah penundaan pembayaran bulan April-Mei tahun ini. “Jadi ini bukan pembebasan yah, tapi penundaan. Mungkin jika ada kelonggaran dibulan berikutnya pengusaha bisa membayarkannya. Perlu diketahui pajak dan kontribusi adalah kewajiban pengusaha terhadap negara,” kata Sulkarnakin.

Untuk mempertegas kebijakan ini, dirinya sudah mengeluarkan Keputusan Walikota Kendari nomor 332 tahun 2020. Regulasi ini mengatur perihal penundaan pembayaran dan penghapusan denda pajak UMKN, Hotel, Rumah Kost, Restoran, Parkir, Air Tanah dan Pajak Hiburan akibat merebaknya wabah Covid-19 (virus Corona). “Jadi bukan hanya UMKM, pengusaha hotel, rumah kost, restoran, parkir, air tanah dan hiburan itu kita tunda pembayaran pajaknnya,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Kendari, Sri Yusnita mengungkapkan pasca merebaknya wabah Covid-19, rupanya berdampak pada realisasi penerimaan pajak dibeberapa sektor.

Misalnya, pajak hotel yang pada Februari 2020 (sebelum Covid-19) berhasil merealisasikan sebanyak Rp. 1,26 miliar, turun menjadi Rp. 974 juta pada Maret (lengkap grafis).

“Berbicara regulasi, kalau kita menunda pajak akan dikenakan denda. Namun untuk tiga bulan ini denda ditiadakan. Tetapi harus diingat bahwa sesuai Keputusan Wali Kota Kendari bahwa pembayaran pajak untuk masa pajak Maret sampai Mei 2020 paling lambat Desember 2020. Artinya pembayaran masa pajak Maret sampai dengan Mei 2020 ditunggu sampai Desember 2020,” tandasnya. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy