Wali Kota Kendari Perpanjang Penutupan Tempat Hiburan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Wali Kota Kendari Perpanjang Penutupan Tempat Hiburan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona, Pemkot Kendari kembali memperpanjang penutupan sementara tempat hiburan sampai 2 Mei. Perpanjangan itu tertuang dalam instruksi Wali Kota Kendari nomor 443.1/1310/2020 tertanggal 22 April lalu. Kebijakan ini menindaklanjut keputusan Kepala Badan Nasional Penaggulan Bencana (BNPB) nomor 13.A tahun 2020 tentang perpanjangan status keadaan darurat bencana. “Kita juga (Kota Kendari) telah ditetapkan sebagai wilayah transmisi lokal penyebaran covid-19 oleh Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Sehingga kami meminta kepada para pengusaha untuk menutu sementara tempat usahanya,” kata Sulkarnain, Wali Kota Kendari.

Ia mengaku penutupan ini akan berdampak pada pendapatan daerah utamanya dari sektor hiburan. Namun demikian, ini harus dilakukan sebab keselataman warga yang harus menjadi prioritas. Di tempat terpisah, Marketing Communication D’Liquid Night Club Hotel Claro Kendari, Richy Priyo Sunarno mengaku mendukung langkah Pemkot Kendari. “Surat edarannya kami sudah terima dan sudah kami pastikan tempat hiburannya akan ditutup sementara,” kata Richi.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (kedua dari kanan) saat memimpin rapat penanganan Covid-19.

Soal kerugian atas penutupan sementara itu, Richy enggan menyebut. Yang jelasnya kata dia, kesehatan masyarakat lebih prioritas ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun Kendari Pos dari Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, pandemi covid-19 rupanya berdampak buruk terhadap penerimaan pajak daerah pada sektor hiburan. Pada Februari (sebelum Pandemi Covid-19, Red) Pemkot berhasil mengumpulkan pajak sebesar Rp 1,01 miliar, sedangkan pada Maret kemarin, pemkot hanya mampu meraup pajak Rp 452 juta. (b/ags)

Penutupan Tempat Hiburan
Tahap I 18 s.d 31 Maret
Tahap II 1 s.d 22 April
Tahap III 23 April s.d 2 Mei

PAD Turun Pasca Penutupan
Februari Rp 1,01 Miliar
Maret Rp 452 Juta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy